Kreativitas guru dalam memanfaatkan media e-learning dalam pembelajaran daring pada era pandemi covid-19 di MI Negeri 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismaningtyas, Nur (2021) Kreativitas guru dalam memanfaatkan media e-learning dalam pembelajaran daring pada era pandemi covid-19 di MI Negeri 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Ismaningtyas_D07217026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, bahwa pembelajaran di MIN 1 Gresik menunjukkan chemistry yang terjalin antara guru dan siswa. Guru membangun kenyamanan kelas dengan memakai kreativitasnya melalui daring dengan menggunakan media e-Learning. Guru menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti mengemas materi dalam bentuk PPT yang disertai gambar guru ketika menjelaskan. Pada kondisi pandemi kreativitas guru sangat dibutuhkan dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam permsalahan sebagaimana dengan judul. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kreativitas guru dalam memanfaatkan media e-Learning dalam pembelajaran daring pada era pandemi COVID-19 di MI Negeri 1 Gresik? 2) Bagaimana faktor penghambat dan pendorong kreativitas guru dalam memanfaatkan media e-Learning dalam pembelajaran daring pada era pandemi COVID-19 di MI Negeri 1 Gresik?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru wali kelas V dan siswa kelas VC. Adapun tahapan penyajian data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian yang pertama menunjukkan bahwa (1) kreativitas guru di MIN 1 Gresik termasuk dalam kriteria tinggi dengan perolehan skor 87. Indikator paling rendah terdapat pada indikator kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru, yaitu 63 dan indikator paling tinggi terdapat pada indikator keluwesan dalam bertindak dan berpikir yaitu, 90 skor. (2) faktor penghambat dan pendorong kreativitas guru dalam memanfaatkan media e-Learning adalah untuk faktor pendorongnya antara lain, adanya fasilitas pembelajaran daring, adanya pelatihan guru, keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran, dan adanya pengawasan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kualitas jaringan internet yang kurang memadai dan adanya peserta didik yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran daring.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismaningtyas, Nurnurismaningtyas13@gmail.comD07217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa@gmail.com2022077302
Subjects: Guru
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kreativitas guru; Media E-Learning; Pandemi COVID-19.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Ismaningtyas
Date Deposited: 14 Jul 2021 03:30
Last Modified: 14 Jul 2021 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48392

Actions (login required)

View Item View Item