Peran kepala sekolah dalam pengelolaan program sekolah ramah anak di Sekolah Dasar Negeri Grogol Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Shavira Nur (2021) Peran kepala sekolah dalam pengelolaan program sekolah ramah anak di Sekolah Dasar Negeri Grogol Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shavira Nur Rahmawati_D03217032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua pelaksana program sekolah ramah anak, guru kelas, guru bidang studi, orang tua dan siswa. Data penelitian diperolah melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Peran kepala sekolah di SD Negeri Grogol kabupaten sidoarjo ini telah melakukan peran-peran secara umum yaitu sebagai edukator/pendidik, leader/pemimpin, manajer, motivator dan supervisior (2) pengelolaan program sekolah ramah anak di SD Negeri Grogol kabupaten sidoarjo telah terpantau dengan baik berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan pengelolaannya sudah sesuai prosedural yakni dimulai dengan tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi atau pelaporan. (3) Peran kepala sekolah dalam pengelolaan program sekolah ramah anak di SDN Grogol pada pelaksanaannya dikelola dengan baik. Mulai dari proses Perencanaan hingga evaluasi, yang dibuktikan dengan membuat program sekolah ramah anak yang terstuktur, sosialisasi program sekolah ramah anak, memotivasi seluruh warga sekolah agar mau melaksanakan program sekolah ramah anak dengan baik dan pemenuhan komponen sekolah ramah anak yang sesuai buku pedoman. Kepala sekolah dalam hal ini berperan sebagai Manajer yang mampu mewujudkan tujuan organisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Shavira Nurshaviranur5@gmail.comD03217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMMukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni’matusnickssholihah@gmail.com2002087303
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Orang tua dan Anak
Keywords: Peran; Kepala Sekolah; Pengelolaan; Sekolah Ramah Anak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shavira Nur Rahmawati
Date Deposited: 17 Jul 2021 11:14
Last Modified: 17 Jul 2021 11:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48495

Actions (login required)

View Item View Item