Analisis hukum islam terhadap perjanjian Waralaba pada Usaha Raja Pisang Keju Arjuna Di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Zaferi Febi (2021) Analisis hukum islam terhadap perjanjian Waralaba pada Usaha Raja Pisang Keju Arjuna Di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Zaferi Febi Saputri_C92217185.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan data yang didapat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang didapat disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan kesimpulan menggunakan pola pikir induktif. Dari pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: 1) Praktik perjanjian waralaba pada usaha Raja Pisang Keju Arjuna di Surabaya. Pada praktiknya waralaba tersebut menggunakan akad kerja sama dengan memberikan lisensi untuk diberikan hak dan kewajibannya dalam memasarkan produknya. Waralaba tersebut juga mensyaratkan jual beli pada akad yang dilakukan pada saat bergabung dengan waralaba tersebut. 2) Hasil analisis hukum Islam terhadap implementasi perjanjian waralaba pada usaha Raja Pisang Keju Arjuna di Surabaya, yakni telah sesuai dan memenuhi syarat dan rukun akad syirkah dan jual beli. Berkaitan dengan syirkah para pihak sama-sama bermodal dalam melakukan perjanjian ini, yakni dengan bermodalkan ide kreatif untuk merek dagang, logo, manajemen usaha dan tenaga bekerja, sedangkan pihak lainnya memberikan modal untuk operasional usahanya. Dalam unsur jual beli yang dilakukan sudah sesuai dan memenuhi syarat dan rukun jual beli. Kedua belah pihak bersepakat bahwa ijab kabul yang dilakukan merupakan akad perjanjian kerja sama atau syirkah yang dikombinasikan dengan akad jual beli. Dari kesimpulan tersebut, peneliti memberi saran kepada kedua pihak, bahwa kepada pihak franchisee agar melakukan perjanjian sesuai dengan yang telah disepakati untuk menghindari adanya permasalahan yang dapat menimbulkan batal dan berakhirnya perjanjian. Kepada pihak franchisor untuk memberikan kepercayaan kepada franchisee dalam menjalankan lisensi yang diberikan serta melakukan survei secara berkala untuk menghindari adanya kecurangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Zaferi Febizfrputri@gmail.comC92217185
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMubin, Muhammad Ufuqulufuqulmubin@gmail.com2026077301
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Akad; Syirkah; Waralaba; Jual Beli.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zaferi Febi Saputri
Date Deposited: 16 Jul 2021 11:17
Last Modified: 16 Jul 2021 11:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48507

Actions (login required)

View Item View Item