Penerapan fungsi ajaran spiritualitas terhadap pelajar pengguna narkoba di Plato Foundation Cipta Menanggal Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarrohah, Naili (2020) Penerapan fungsi ajaran spiritualitas terhadap pelajar pengguna narkoba di Plato Foundation Cipta Menanggal Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naili Mufarrohah_F02318099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar saat ini juga sering kali terjadi. Hal ini dapat merusak penerus bangsa di masa mendatang. Pemuda merupakan generasi bangsa yang diharapkan bisa membawa perubahan untuk bangsa yang lebih baik. Namun jika pemuda banyak yang terkontaminasi untuk menggunakan narkoba, maka pemuda di Negara ini akan rapuh termakan oleh zat adiktif. Akibat dari penyalahgunaan narkoba antara lain yakni dapat merusak hubungan dengan keluarga, sulit dalam menentukan hal baik dan hal yang buruk, kurang baik dengan masyarakat sekitar, susah bersosialisasi, menurunkan kualitas belajar dan kecerdasan, kriminalitas dan akan terjadi tindak kekerasan. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada para korban penyalahgunaan narkoba yang sedang direhabilitasi dengan menitikberatkan pada dimensi keagamaan yang ada di Plato Foundation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan metode pengolahan data dan analisis. Karakteristik yang dimiliki oleh pelajar yang menggunakan narkoba diantaranya ialah tidak mengenal Tuhan, tidak peduli akan dirinya bahkan keluarganya, tidak open minded bahwa masa muda merupakan masa yang yang produktif untuk berkarya, dan menjadi seorang individu yang suka memberonta dan berbohong. Pendampingan dalam meningkatkan rasa spiritualitas Islam para pelajar pengguna narkoba dilakukan dengan berbagai macam kegiatan, seperti meditasi atau renungan, kegiatan rutin mengaji setiap ba‟da dhuhur, adanya kegiatan materi keagamaan yang meliputi fiqih, akhlaq dan aqidah yang berada dibawah naungan PPA (Para Pertolongan Allah) serta adanya acara family super group (FSG) yang bertujuan sebagai sarana untuk mendekatkan kembali ikatan seorang anak yang terkena narkoba dengan keluarganya. Bentuk implikasi dari pendampingan pelajar ini ialah mula terbukanya pikiran (open minded), sehingga para pecandu yang sudah pulih bisa memiliki rasa penerimaan diri dan mempunyai ide-ide cemerlang untuk kehidupan masa depannya. Selain itu, mulai terciptanya bentuk tanggung jawab pada individu, meliputi taggungjawab kepada Tuhan, tanggung jawab terhadap diri sendiri maupun tanggung jawab terhadap keluarga. Bentuk implikasi lainnya ialah para pelajar pecandu narkoba yang sudah pulih bisa membuktikan bentuk tanggungjawabnya dengan mempunyai keahlian dalam entrepreneur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarrohah, Nailimufarrohanaily@gmail.comF02318099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorRubaidi, Rubaidi--2010067101
Subjects: Spiritualisme
Keywords: Narkoba; Pelajar; Spiritualitas.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mufarrohah Naili
Date Deposited: 03 Oct 2021 10:04
Last Modified: 03 Oct 2021 10:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48526

Actions (login required)

View Item View Item