Pengaruh penggunaan media berbasis video dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika materi Penaksiran Pecahan Desimal di kelas IV-d MIN 1 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Fitri Aminatu (2021) Pengaruh penggunaan media berbasis video dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika materi Penaksiran Pecahan Desimal di kelas IV-d MIN 1 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Aminatu Hikmah_D97217049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu adanya kendala dalam penyampaian materi dalam pembelajaran daring. Sehingga untuk memudahkan guru dalam mengajar maka diperlukan suatu media. Media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mengatasi permasalahan ini adalah media berbasis video. Setiap media pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sehingga, keberhasilan guru dalam mengajar juga ditentukan dengan penggunaan media pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, penggunaan media berbasis video juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti melihat pengaruh penggunaan media berbasis video dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media berbasis video dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada materi penaksiran pecahan desimal di kelas IV-D MIN 1 Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan desain true experimental design dalam bentuk posttest only control design. Jadi dalam penelitian ini terdapat 2 kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas eksperimen sebanyak 24 siswa dan kelas kontrol sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes tulis. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik uji Mann Whitney. Hasil perhitungan uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) lebih kecil dari pada 0,05 yaitu 0,00 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa data tidak berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) lebih kecil dari pada 0,05 yaitu 0,00 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa data memiliki varian tidak homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig. (2- tailed) < 0,05 yaitu 0,019 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media berbasis video dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika materi penaksiran pecahan desimal di kelas IV-D MIN 1 Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Fitri Aminatufitrihikmah10@gmail.comD97217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media berbasis video; pembelajaran daring; hasil belajar; penaksiran pecahan desimal.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Hikmah
Date Deposited: 18 Jul 2021 12:59
Last Modified: 18 Jul 2021 12:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48532

Actions (login required)

View Item View Item