Konsep Rasionalisme Sayid Ameer Ali dalam pembaharuan Islam India (1849-1928 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Fatihul (2021) Konsep Rasionalisme Sayid Ameer Ali dalam pembaharuan Islam India (1849-1928 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatihul Firdaus_A92216121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sayyid Ameer Ali merupakan seorang pemikir Pembaharuan yang terkenal dengan gagasannya yang ia jelaskan secara rasional, dissamping itu ia juga seorang penulis dan salah satu orang yang mendapat julukan bapak Apolog dunia. Ia bertempat tinggal dan turut berperan dalam kemajuan Politik, Ilmu Pengetahuan, Hukum, Sejarah di India. Sosial keagamaan Di India pada masa itu sudah menjadi salah satu faktor kemunduran Islam India, hal inilah yang mendorong Sayyid Ameer Ali untuk menyebarkan Konsep Rasionalismenya, yang salah satunya adalah menganggap bahwa agma Islam bukan agama pembawa kemunduran. Pemikiran Sayyid Ameer Ali inilah yang kemudian banyak berdampak untuk Umat Islam India. Penelitian tentang pemikiran Sayid Ameer Ali ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang artinya penelitian yang menjabarkan keadaan, tigkah laku, serta makna yang ada berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Penelitian ini hanya sebatas deskriptif, yakni menganalisis dan menyajikan fenomena sosial secara sistematis, sehinggah memudahkan untuk mengambil kesimpulan. peneliti juga menggunakan Teori Countinuity and Change. Menurut Nur Syam Teori Countinuity and Change adalah teori yang mencari sebuah kesinambungan dari sebuah fakta sejarah kemudian melihat sebuah Perubahan yang terjadi dari proses sejarah tersebut. Sebelum eksistensi Sayyid Ameer Ali muncul di India, banyak umat islam yang menganggap pintu ijtihad telah di tutup. Mereka hanya berpacu pada pemikiran pendahulunya. Hal ini yang dianggap salah satu penyebab kemunduran Islam di masa itu. Berbeda dengan pemikiran Sayyid Ameer Ali yang mengaggap pintu Ijtihad belum ditutup. Salah satu faktor ini yang kemudian mempengaruhi umat Islam India dan terbukti dengan mereka meninggalkan maindset-maindset Tradisional, umat Islam India semakin maju dan mempunyai daya Tarik tersendiri di kalangan masyarakat Non Muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Fatihulfatihul.firdaus97@gmail.comA92216121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Islam > Islam, Pembaharuan
Pemikiran
Keywords: Sayyid Amee Ali; Rasionalisme; India.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fatihul Firdaus
Date Deposited: 17 Jul 2021 14:20
Last Modified: 17 Jul 2021 14:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48533

Actions (login required)

View Item View Item