Pengelolaan BUMdes dalam perspektif teori maslahah: studi kasus di Wisata Sendang Asmoro Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafi, Azzanahdya Ma'al (2020) Pengelolaan BUMdes dalam perspektif teori maslahah: studi kasus di Wisata Sendang Asmoro Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azzanahdya Ma'al Wafi_G94216156.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Metode tersebut dipilih supaya penelitian lebih bersifat mendalam dan menyeluruh terkait pengembangan usaha BUMDes di Desa Ngino melalui pembangunan Wisata Sendang Asmoro dalam perspektif teori maslahah. Adapun data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes Subur Raharjo milik Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban menjalankan tiga usaha, diantaranya kios desa, Wisata Sendang Asmoro, serta pertokoan dan agen. Ketiganya merupakan usaha yang dibentuk berdasarkan potensi yang ada dan termasuk upaya dalam mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Dari ketiga usaha tersebut, Wisata Sendang Asmoro adalah usaha yang paling banyak memberikan manfaat terutama dalam memperbaiki permasalahan ekonomi. Manfaat yang diperoleh berupa peningkatan derajat kehidupan masyarakat meliputi pemenuhan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Meski demikian, terdapat kontra dari beberapa tokoh masyarakat terkait kekhawatiran mereka akan dampak negatif yang ditimbulkan yang mana salah satunya akan berpengaruh pada tujuan syara’ yang harus dipelihara oleh manusia, yaitu dalam memelihara agama. Namun, sejatinya risiko akan selalu ada dalam pembangunan sebuah tempat wisata yang mana masih dapat diantisipasi dengan berbagai cara. Dengan demikian, kemaslahatan dari pembangunan Wisata Sendang Asmoro lebih besar dibandingkan dengan kerusakan yang akan ditimbulkan. Sehingga dalam hal ini, pembangunan Wisata Sendang Asmoro memberikan maslahah bagi Desa Ngino dan masyarakat setempat. Dari hasil penelitian ini diharapkan usaha yang dijalankan BUMDes Subur Raharjo terus berkembang dan berinovasi supaya dapat memberikan lebih banyak manfaat kepada masyarakat. Serta kepada pihak BUMDes Subur Raharjo dan pihak pengelola Wisata Sendang Asmoro diharapkan lebih meningkatkan keamanan di lokasi wisata untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk yang dapat merusak citra Desa Ngino.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafi, Azzanahdya Ma'alazzaalwafi@gmail.comG94216156
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Ekonomi Islam
Pariwisata
Keywords: Badan Usaha Milik Desa (BUMDes); Maslahah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Azzanahdya Ma'al Wafi
Date Deposited: 18 Jul 2021 12:12
Last Modified: 18 Jul 2021 12:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48556

Actions (login required)

View Item View Item