Implementasi program kewirausahaan dalam meningkatkan life skill siswa di SD Islam Sari Bumi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuningtyas, Rizki (2021) Implementasi program kewirausahaan dalam meningkatkan life skill siswa di SD Islam Sari Bumi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Rizki Ayuningtyas_D93217073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Implementasi program kewirausahaan dimulai dengan perencaan program; pembagian tugas, penataan staf, penyusunan anggaran dan juga standar operasional prosedur pelaksanaan program. program kewirausahaan sendiri di SD Islam Sari Bumi Sidoarjo Cukup beragam yang diterapkan yaitu, buisness day, bazar produk, bisnis on the road, dan studi kewirausahaan. Penyediaan ragam program kewirausahaan merupakan usaha sekolah untuk menjamin bahwa lulusannya memiliki kecakapan hidup yang baik di masa mendatang. (2) Faktor pendukung dari berhasilnya program kewirausahaan adalah faktor keluarga, siswa, dan lingkungan sekolah yang menyediakan sarana prasarana, anggaran dan juga sumber daya manusia yang kompeten. (3) Dampak program kewirausahaan sendiri juga mempengaruhi life skill siswa yakni siswa mampu mengenal potensi diri mereka, siswa mempunyai kecakapan dasar sehingga di masa depan siswa dapat berkompetisi dan kolaborasi, siswa mampu mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki dan mampu mengambil keputusan yang fleksibel dalam pengelolaan sumber daya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuningtyas, Rizkirizkiayuningtyas98@gmail.comD93217073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muhammad Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Kepala Sekolah
Keterampilan
Keywords: Manajemen; Program kewirausahaan; Life skill siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizki Ayuningtyas
Date Deposited: 15 Jul 2021 14:54
Last Modified: 15 Jul 2021 14:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48602

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item