Analisis kualitas pegawai front office dalam penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Nur Alifatus (2021) Analisis kualitas pegawai front office dalam penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Nur Alifatus Maulidiyah_D93217066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkualitasnya pelayanan yang dilakukan pemerintah, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk memperbaiki pelayanan. Salah satunya dilakukan dengan cara mendirikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, yang diharapkan dapat memperpendek proses pelayanan, mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti dan terjangkau serta memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu, untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pegawai front office, dan untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pegawai front office di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian deskriptif, menggunakan teknik pengambilan data penelitian metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto memberikan pelayanan yang cepat, transparan serta no pungli. (2) Pegawai front office mampu memberikan kemudahan pelayanan, memberikan respon yang baik, memberikan jaminan ketepatan waktu, yang didukung dengan sarana prasarana yang cukup memadai. (3) Keberhasilan memberikan pelayanan tidak lepas dari faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan itu sendiri diantaranya, sumber daya manusia yang handal, kerja sama antar pegawai yang terjalin dengan baik, dan teknologi yang digunakan saat pelayanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Nur Alifatusnuralifatusm@gmail.comD93217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Layanan
Manajemen Perkantoran
Keywords: Pelayanan Terpadu Satu Pintu; Kualitas Pelayanan; Front Office; PTSP.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Alifatus Maulidiyah
Date Deposited: 15 Jul 2021 14:38
Last Modified: 15 Jul 2021 14:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48603

Available Versions of this Item

  • Analisis kualitas pegawai front office dalam penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. (deposited 15 Jul 2021 14:38) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item