Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk melatihkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Dimas (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk melatihkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Ramadhan_D74214055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan kemampuan pemahamanmatematis peserta didik. LKPD yang dikembangkan berbasis pada pendekatan inkuiri terbimbing, yang mengarahkan peserta didik untuk menggali konsep dan menyelesaikan soal atau permasalahan secara mandiri melalui langkah kegiatan yang ada. Produk LKPD dikembangkan dengan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari tiga fase, yaitu : (1) Fase Penelitian Pendahuluan (Investigation Phase), (2) Fase Pembuatan Prototipe (Prototyping Phase), dan Fase Penilaian (Assesement Phase). Penilaian dilakukan oleh dua orang validator, sedangkan uji coba terbatas pada LKPD melibatkan 5 peserta didik kelas VIII SMP Al Azhar Paron. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) memeroleh persentase nilai dari validator I sebesar 75%, dan dari validator II sebesar 88,33%, dengan rerata 81,67%, sehingga LKPD dinyatakan valid. Pada aspek kepraktisan secara teori, LKPD memeroleh rerata nilai kepraktisan 75, dengan keterangan LKPD dinyatakan praktis dengan sedikit revisi. Pada aspek kepraktisan secara praktik yang didapat melalui angket peserta didik, dari 9 indikator yang ditanyakan, diperoleh rerata persentase respon positif (jawaban ‘Ya’) sebesar 86,67%. Dengan demikian, LKPD dinyatakan praktis secara praktik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Dimasavernus96@gmail.comD74214055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Keywords: LKPD; Inkuiri terbimbing; Pemahaman matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dimas Ramadhan
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:35
Last Modified: 21 Jul 2021 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48639

Actions (login required)

View Item View Item