Pengarus strategi Question Answer Relationships (QAR) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas V MI Hasanuddin Tebel Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjarwati, Meri (2021) Pengarus strategi Question Answer Relationships (QAR) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas V MI Hasanuddin Tebel Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meri Anjarwati_D07217019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran dikelas masih dikategorikan kurang baik yang dimana pembelajaran masih berpusat kepada guru. Guru masih kesulitan dalam menentukan strategi yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran membaca. Peserta didik kurang antusias saat mengikuti pembelajaran membaca apalagi peserta didik hanya menghafal bukan memahami bacaan. Permasalahan tersebut berpengaruh pada nilai peserta didik pada pembelajaran membaca pemahaman berdasarkan hasil ulagan harian yang memperoleh rata-rata sebesar 65,05. Perolehan ini dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sebesar 68. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui Strategi Question Answer Relationships (QAR).Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Question-Answer Relationships (QAR) terhadap kemampun membaca pemahaman pada peserta didik kelas V MI Hasanuddin Tebel Sidoarjo. Penelitian ini merupakan peelitian kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan yaitu pretests and posttest kontrol grup yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homoginitas dan uji hipotesis yang menggunakan uji independen sample t-test. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi Question Answer Relationship (QAR) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VA MI Hasanuddin Tebel Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan indpenden sample t-test diperoleh hasil p sebesar 0.000, taraf signifikasi 0.005. nilai p tersebut lebih kecil dari taraf signifikasi 0.05 atau 0.000 < 0.05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan nilai peseta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjarwati, Merimerianjarwati75@gmail.comD07217019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauharotin, Alfinalfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Keywords: Pemahaman Membaca; Strategi QAR.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MERI ANJARWATI
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:13
Last Modified: 22 Jul 2021 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48671

Actions (login required)

View Item View Item