Cadar dan Celana Cingkrang dalam Film My Flag Merah Putih Vs Radikalisme: analisis Framing Erving Goffman terhadap Islamophobia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Alyadita Nur (2021) Cadar dan Celana Cingkrang dalam Film My Flag Merah Putih Vs Radikalisme: analisis Framing Erving Goffman terhadap Islamophobia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alyadita Nur Maghfiroh_E91217065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu film pendek Islami yang tayang di channel youtube NU menarik perhatian penonton pengguna media sosial terutama kaum muslimin, Film ini berjudul My Flag Merah Putih Vs Radikalisme. Film pendek berdurasi 8 menit ini banyak mengundang kontroversi karena dianggap memecah belah umat Islam. Film ini berkisah tentang sekelompok pengguna cadar dan celana cingkrang dengan membawa Bendera berwarna Hitam dan Putih menghadang sekelompok santri putra dan santri putri yang membawa Bendera Merah Putih dan terjadilah perkelahian yang dimenangkan oleh santri putra dan santri putri, pada saat perkelahian salah satu santri putri berhasil mencampakkan cadar yang dipakai oleh salah satu perempuan pemakai cadar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif . Tujuan penelitian ini adalah menggali pesan apa yang ingin disampaikan dalam film ini melalui adegan-adegan yang ditampilkan oleh para pemain. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori analisis framing dan teori stigmatisasi dari Erving Goffman. Kesimpulan dari penelitian terhadap film My Flag Merah Putih Vs Radikalisme adalah sebuah penggambaran bentuk Islamophobia yang diperankan oleh santri putra dan santri putri dari Islam moderat terhadap Islam radikal yang diperankan oleh sekelompok pengguna cadar dan celana cingkrang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Alyadita Nursusantiita174@gmail.comE91217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLoekisno, Choiril Warsitoluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Toleransi Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Film; Framing; Islamophobia; My Flag Merah Putih Vs Radikalisme.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Alyadita Nur Maghfiroh
Date Deposited: 21 Jul 2021 11:55
Last Modified: 21 Jul 2021 11:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48675

Actions (login required)

View Item View Item