Melatih konsentrasi melalui permainan sensorimotor pada anak kelompok A dalam pembelajaran masa kenormalan baru di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Fadlilatur (2021) Melatih konsentrasi melalui permainan sensorimotor pada anak kelompok A dalam pembelajaran masa kenormalan baru di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadlilatur Rohmah_D99217038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana penerapan permainan sensorimotor yang digunakan untuk melatih konsentrasi anak kelompok A dalam pembelajaran masa kenormalan baru di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik? 2) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat penerapan permainan sensorimotor untuk melatih konsentrasi anak kelompok A dalam pembelajaran masa kenormalan baru di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas kelompok A1 menerapkan permainan sensorimotor auditoris dengan menggunakan buku cerita pop up pada awal pembelajaran dan di akhir pembelajaran, hal tersebut dilakukan karena agar anak itu menjadi tertarik dengan kelanjutan ceritanya sehingga anak akan giat dalam belajar dan menyelesaikan tugasnya. Selain itu juga, guru menerapkan permainan sensorimotor proprioseptif dengan menggunakan permainan lego dan bombic yang biasanya dilakukan pada saat sudut pengaman, ketika anak sudah menyelesaikan semua tugasnya. Penerapan permainan sensorimotor membuat perubahan pada siswa menjadi lebih konsentrasi, fokus memperhatikan sumber informasi dan materi yang disampaikan guru serta bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Siswa yang mengalami kesulitan konsentrasi juga menjadi bisa menjawab pertanyaan dari guru, dimana sebelumnya siswa tersebut sering tidak mau menjawab pertanyaan. Faktor yang mendukung penerapan permainan sensorimotor untuk melatih konsentrasi anak yaitu ketersediaan media, menambah wawasan anak, menambah kosakata anak, mengembangkan aspek perkembangan anak seperti aspek perkembangan sosial emosional yang dapat membuat siswa bersosialisasi dengan teman-temannya, sedangkan faktor yang menghambat adalah kesulitan dalam pengkondisian siswa, jumlah atau kuantitas media yang kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Fadlilaturfadlilaturulil@gmail.comD99217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohmukhoiyarohfik@gmail.com197304092005012002
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Konsentrasi; Permainan Sensorimotor.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fadlilatur Rohmah
Date Deposited: 21 Jul 2021 13:20
Last Modified: 21 Jul 2021 13:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48700

Actions (login required)

View Item View Item