Peran orang tua dalam memotivasi belajar untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti Pertiwi Ngagrok Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Yunita Anggereni Puspita (2021) Peran orang tua dalam memotivasi belajar untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti Pertiwi Ngagrok Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunita Anggereni Puspita Sari_D99217053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seberapa berperannya orang tua dalam memberikan motivasi belajar kepada anak terutama untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun. Dengan diberikannya motivasi belajar kepada anak untuk mengembangkan kemampuannya, maka hasil belajar yang diberikan akan sesuai dengan tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana peran orang tua dalam memotivasi belajar untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti Pertiwi Ngagrok Krian Sidoarjo dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memotivasi belajar untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti Pertiwi Ngagrok Krian Sidoarjo. Penelitian tersebut menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian field research atau terjun langsung untuk memperoleh informasi dan juga data. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul akan dianalisa dengan proses reduksi data atau merangkum hal-hal pokok yang menjadi fokus penelitian, penyajian data, hingga kemudian dapat ditarik kesimpulan pada hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam memotivasi belajar untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti Pertiwi Ngagrok Krian Sidoarjo yaitu cukup baik. Orang tua telah menjalankan perannya sebagai pendidik, pendorong, fasilitator dan pembiming bagi anak ketika di rumah sehingga anak dapat mengalami peningkatan dalam hal kemampuan membaca dan. Faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memberikan motivasi juga berasal dari faktor non sosial seperti cuaca, udara, tempat, fasilitas, dan faktor lingkungan yang berasal dari guru dan keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Yunita Anggereni Puspitayunitaapuspitasari@gmail.comD99217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar; Kemampuan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: yunita anggereni puspita sari
Date Deposited: 23 Jul 2021 23:10
Last Modified: 23 Jul 2021 23:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48769

Actions (login required)

View Item View Item