Analisis hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap jual beli masker serbuk kecantikan di Shopee Dailymask04 Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Natasya Armitha (2021) Analisis hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap jual beli masker serbuk kecantikan di Shopee Dailymask04 Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Natasya Armitha Putri_C02217041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, kegiatannya meliputi mengumpulkan data, dokumentasi, dan wawancara yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder yang didapat melalui hasil wawancara antara penjual dan pembeli masker serbuk kecantikan dalam melakukan jual beli menurut hukum Islam dan UU Nomor 8 Tahun 1999. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktek jual beli masker serbuk kecantikan di Shopee Dailymask04 Kabupaten Tuban dalam syarat yang berkaitan dengan ijab dan qabul dalam hukum Islam mengenai objek atau barang tidak terpenuhi karena terdapat unsur ketidakjelasan mengenai kualitas atau keterangan barang pada masker serbuk kecantikan organik. Didalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Pasal 7 huruf a, Pasal 8 (1) huruf i dan j, Pasal 17 (1) huruf a dan c tentang perlindungan konsumen, Undang-undang tersebut menjelaskan tentang penjual yang wajib menggunakan label pada kemasannya dan tidak boleh berlebihan dalam mempromosikan barang. Dari ketentuan tersebut penjualan masker serbuk kecantikan dapat merugikan konsumen. Mengapa? Karena barang yang dijual melalui toko online shopee tidak adanya label dalam kemasan serta penjual berani menjamin bahwa penggunaan masker itu aman digunakan oleh konsumen. Faktanya dari kesimpulan diatas, peneliti mengharapkan seharusnya pihak toko Dailymask04 untuk mencantumkan label yang di dalamnya terdapat komposisi, cara penggunaan, tanggal kadaluarsa pada kemasan tersebut. Sehingga konsumen dapat mengetahui lebih rinci dan jelas tentang masker serbuk kecantikan organik dan tidak merugikan salah satu pihak yang dikarenakan minimnya informasi mengenai produk tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Natasya Armithaputrinatasyaarmitha@gmail.comC02217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSulthon, Muhammadsulthonproling@gmail.com2015057203
Subjects: Hukum Islam
Muamalat Muamalah
Perlindungan Konsumen
Keywords: Jual Beli Masker Serbuk Kecantikan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: natasya armitha
Date Deposited: 23 Jul 2021 14:46
Last Modified: 23 Jul 2021 14:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48770

Actions (login required)

View Item View Item