Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV C pada masa pandemi covid-19 di MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almaqfiroh, Vivi Fatha (2021) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV C pada masa pandemi covid-19 di MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivi Fatha Almaqfiroh_D97217117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar di Siswa Kelas IV C MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan pembelajaran yang seringkali tidak diikuti oleh semua siswa. Dikarenakan sikap malas, kendala sinyal dan internet. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa kelas IV C pada masa pandemic covid-19 MI Darussalam. (2) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meniungkatkan minat belajar siswa kelas IV C pada masa pandemic covid-19 MI Darussalam. (3) Untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi dalam perkembangan minat belajar siswa di kelas IV C pada masa pandemic covid-19 di MI Darussalam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini meliputi mengumpulkan data yaitu peneliti melakukan penjajagan dan melihat kondisi di lapangan, memahami latar penelitian, menyesuaikan diri dengan budaya latar penelitian, tata cara, adat, dan kebiasaan di lokasi penelitian dan menganalisis data yaitu peneliti mengurutkan dan mengorganisasi data dari berbagai uraian hingga menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dikelas IV C MI Darussalam dengan berbagai macam upaya seperti pembelajaran dilaksanakan luring dan daring berdasarkan kesepakatan dengan orang tua, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, metode pembelajaran yang bervariasi, penggunaan aplikasi yang bervariasi, penerapan media pembelajaran, memperlihatkan hasil belajar, pemberian motivasi, tugas dan pujian, dan hukuman atas hasil kerja peserta didik, menjalin kerja sama antara guru dan orang tua. Telah mampu meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa dari beberapa indikator diantaranya perasaan senang, ketertarikan, penerimaan (perhatian dan konsentrasi terhadap guru) dan bersemangat mengikuti pembelajaran dimasa pandemi. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas IV C di MI Darussalam Sugihwaras pada masa pandemi covid-19 terdiri atas beberapa faktor yaitu faktor intern yang terdiri dari faktor jasmani dan psikologi siswa siswi sendiri seperti keadaan sehat dan juga faktor ekstern yang terdiri dari faktor keluarga seperti dukungan orang tua, sekolah, dan masyarakat(teman).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almaqfiroh, Vivi FathaVivifathaa@gmail.comD97217117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri,musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Guru
Keywords: Upaya Guru; Minat Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vivi Fatha Almaqfiroh
Date Deposited: 22 Jul 2021 09:24
Last Modified: 22 Jul 2021 09:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48777

Actions (login required)

View Item View Item