Peran media audio visual (Video) dalam meningkatkan motivasi belajar Matematika pada pembelajaran daring siswa Kelas IV di SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuraini, Ika (2021) Peran media audio visual (Video) dalam meningkatkan motivasi belajar Matematika pada pembelajaran daring siswa Kelas IV di SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Nuraini_D97217053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran daring di kelas masih dikategorikan kurang baik dimana guru masih kesulitan dalam memberikan materi kepada peserta didik ketika pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran matematika. siswa menjadi kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran daring sehingga hal ini mempengaruhi motivasi belajar siswa di saat pandemi seperti sekarang ini. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian kualitatif menggunakan media audio visual (video). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peran media audio visual (video) pada pembelajaran daring matematika di kelas IV SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro. 2) motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring matematika menggunakan media audio visual (video) di kelas IV SDN Semambung 1 Kanor Bojonegoro. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer atau data utama. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa : 1) Peran media audio visual (video) mampu meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik terbukti dengan siswa tertarik serta ikut berpartisipasi selama proses pembelajaran daring. 2) motivasi belajar daring peserta didik setelah menerapkan media audio visual (video) mengalami peningkatan yang dikategorikan baik dengan perolehan persentase sebesar 80% dari pembelajaran sebelumnya yaitu masih berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 57%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuraini, Ikaikan0411@gmail.comD97217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@gmail.com2003017703
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Peran Media Audio Visual (Video); Motivasi Belajar Matematika; Pembelajaran Daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ika Nuraini
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:27
Last Modified: 26 Jul 2021 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48791

Actions (login required)

View Item View Item