Aspek Bashariyyah Rasulullah dalam hadis Fatimah Bid’atu Minni: studi ma’ani al hadis Sunan Tirmidhi no Indeks 3869 melalui pendekatan psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Dana Nur Kumala (2021) Aspek Bashariyyah Rasulullah dalam hadis Fatimah Bid’atu Minni: studi ma’ani al hadis Sunan Tirmidhi no Indeks 3869 melalui pendekatan psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dana Nur Kumala Sari_E05217002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nabi Muhammad sebagai utusan Allah Swt memiliki sifat yang melekat dalam dirinya. Selain memiliki sifat wajib dan sifat mustahil, Rasul juga memiliki sifat jaiz yang artinya bahwa sisi dibalik Rasul memiliki sifat kemanusiaan sebagaimana manusia biasanya. Sisi kemanusiaan Rasul (aspek basyariyyah) terdapat dalam hadis riwayat Imam Tirmidhi no indeks 3869. Dalam hal ini Rasulullah sebagai seorang ayah yang memiliki keterikatan batin sehingga senantiasa akan menjaga sekaligus menjadi pelindung bagi anaknya. Dalam ilmu Psikologi menjadi seorang Ayah yang aktif dan positif bagi anak, ternyata berdampak baik dalam perkembangan anak, sehingga ayah memiliki peran yang sangat penting tumbuh kembang anak. Penelitian ini terfokus pada kritik sanad dan matan dan pemaknaan matan hadis dengan menggunakan ilmu ma’a>nil al-hadi>th untuk memperoleh arti yang terkadung didalamnya secara menyeluruh. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kualitas hadis dan kehujjahanya serta memperoleh pemaknaan yang selanjutnya mengkorelasikan makna. Penelitian ini bersifat kepustakaan atau library researh, sehingga cara yang digunakan dalam proses analisisnya adalah mengumpulkan data-data kepustakan baik dari buku, kitab, dan jurnal. Sedangkan data primer dalam penelitian ini menggunakan kitab induk hadis sunan Tirmidhi dan data sekunder diperoleh dari literatur yang sesuai dengan objek yang akan dikaji. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, pertama dari segi kualitas adalah hadis sahi<h li ghairihi dan dari kehujjahan hadis maqbu>l ma’mu>lun bi<h. Kedua, secara umum pemaknaan hadis ini yaitu Rasulullah berposisi sebagai seorang ayah yang melindungi anaknya agar terhindar dari hal-hal yang membuatnya sedih, sakit dan marah sehingga menolak rencana Ali yang akan memadu Fatimah dengan anak Abu Jahal. Ketiga, hadis ini memuat sisi kemanusiaan rasul sebagai seorang ayah, yang dalam psikologi berperan sebagai ayah yang positif bagi anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Dana Nur Kumaladanakumalaa@gmail.comE05217002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Athoilah2014097902a.umar@uinsby.ac.id197909142009011005
Subjects: Psikologi
Hadis
Keywords: Aspek Bashariyyah; Sunan Tirmidhi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Dana Nur Kumala Sari
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:01
Last Modified: 23 Jul 2021 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48808

Actions (login required)

View Item View Item