Problematika siswa di daerah perbukitan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh: tudi kasus siswa di kawasan Perbukitan Semar Desa Manting Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Aminuddin (2021) Problematika siswa di daerah perbukitan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh: tudi kasus siswa di kawasan Perbukitan Semar Desa Manting Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminuddin Aziz_D91217082.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini memilih tema mengenai permasalah-permasalah yang dialami oleh siswa dikawasan Perbukitan Semar Desa Manting Jatirejo Kabupaten Mojokerto dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi covid-19, yang mana dalam masa yang rentan akan penularan virus ini, pendidikan harus terus berjalan demi kemajuan dan kecerdasan generasa penerus bangsa. Sehingga diterapkanlah sistem pembelajaran jarak jauh yang terdiri dari dua bagian yakni daring dan luring. Fokus penelitian ini adalah pada bagaimana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh disana, kemudian apa saja permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan bagaimana solusi untuk menanggulanginya. Penelitian ini mengambil beberapa responden yang terdiri dari siswa, guru, orang tua, dan perangkat desa setempat secara keseluruhan berjumlah 17 responden. Untuk pengambilan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkap enam permasalahan sekaligus solusi pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dialami siswa, yakni kurangnya kompetensi guru, perbedaan tingkat pemahaman siswa, jarang adanya bimbingan belajar, kurangnya pemahaman dan kemampuan orang tua, kurangnya sarana dan prasarana dan sulitnya mengakses jaringan sinyal internet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Aminuddinaminuddinaziz3@gmail.comD91217082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Alimuttaqinali@gmail.com2011036901
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; Sinyal; Daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: aminuddin aziz aziz
Date Deposited: 29 Jul 2021 04:12
Last Modified: 29 Jul 2021 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48834

Actions (login required)

View Item View Item