Meme sebagai kritik wacana dalam Akun Memelord @Memefess: analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baharuddin, Baharuddin (2021) Meme sebagai kritik wacana dalam Akun Memelord @Memefess: analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Baharuddin_E91216050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Meme memang cukup fenomenal belakangan ini dan sering menjadi perbincangan hangat. Ketika ada kejadian menarik, kejadian yang booming dan menjadi pembicaraan banyak orang, hampir dapat dipastikan akan ada memenya. Selain untuk hiburan, meme dibuat biasanya untuk tujuan mengkritik, menyindir atau sekedar menertawakan sebuah kejadian yan fenomenal, bahkan tidak jarang meme masuk lebih jauh mengkritik pola perilaku, kebiasaan masa kecil hingga fikiran-fikiran liar atau dugaan. Efektifitas yang diberikan meme dalam menyentuh pembaca yang luas dengan tingkat intelektual yang berbeda-beda dan tingkat usia yang berbeda juga mengagumkan. Setiap orang yang akil baligh dan cukup akal akan mudah mengerti setiap pesan yang disampaikan oleh pembuat meme Karena memang menggunakan bahasa yang sederhana dan tidak baku. Dalam skripsi ini, penulis membahas tentang salah satu akun Twitter bernama memelord@memefess yang dibuat khusus untuk menyebarkan meme dengan tujuan untuk mengetahui pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat akun perihal alasan dia mem uat dan mneyebarkan meme-meme tersebut. Penelitian ini menggunakan teori analisa wacana kritis Van Dijk. Penelitian ini ditinjau dari banyak aspek seperti alasan kenapa meme lahir, pilihan kata yang dipilih, hingga posisi pembuat meme dalam keberpihakan terhadap suatu wacana yang sedang berkembang. Sebagai hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa meme tidak lahir dari ruang kosong, selalu ada sebab yang melatar belakanginya baik sebab itu berapa sebab kebjkan pemerintah seperti pemindahan ibukota hingga sebab berubahnya pola perilaku dan pola piker anak muda dari masa ke masa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baharuddin, Baharuddinbaharuddinaja12@gmail.comE91216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Filsafat
Pendidikan > Media
Keywords: Meme; Media; Kritik; Wacana.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: baharuddin baharuddin Baharuddin
Date Deposited: 25 Jul 2021 10:06
Last Modified: 25 Jul 2021 10:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48884

Actions (login required)

View Item View Item