Analisis kinerja aplikasi forensik open-source pada ponsel cerdas berbasis android dalam mendapatkan bukti digital

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mushlich, M. Machrush Aliy Sirojjam (2021) Analisis kinerja aplikasi forensik open-source pada ponsel cerdas berbasis android dalam mendapatkan bukti digital. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Machrush Aliy Sirojjam Mushlich_H76215019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini, forensik digital berkembang pesat sebagai upaya untuk mengungkap tindak kejahatan siber. Mobile forensics merupakan bagian dari forensik digital yang berfokus pada penanganan perangkat seluler. NIST Special Publication 800-101 Revision 1 merupakan salah satu metode yang digunakan untuk melakukan analisis forensik pada perangkat seluler. Pada penelitian ini, WhatsApp Key/DB Extractor, BitPim, dan Autopsy dipilih untuk melakukan analisis forensik pada Samsung Young 2 Duos dalam mendapatkan artefak WhatsApp. Namun, BitPim mengalami eror saat dijalankan, karena BitPim tidak dapat mendeteksi ponsel yang digunakan, sehingga data yang ingin didapatkan kemudian diperiksa dan dianalisis menggunakan aplikasi BitPim tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, hanya WhatsApp Key/DB Extractor dan Autopsy yang digunakan. Hasil dari penelitian ini, aplikasi forensik tidak selalu dapat digunakan untuk setiap tahapan yang ada pada NIST Special Publication 800-101 Revision 1, dan aplikasi forensik juga tidak selalu dapat memenuhi setiap parameter yang telah ditetapkan. Sehingga secara keseluruhan terkait kinerja setiap aplikasi forensik maupun bukti digital yang ditemukan, baik jenis data, jumlah data, dan data yang dapat dibuka, Autopsy unggul dari WhatsApp Key/DB Extractor karena mampu mendapatkan indeks kuantitas sebesar 58.44%, sedangkan WhatsApp Key/DB Extractor hanya mendapatkan indeks sebesar 44.15%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mushlich, M. Machrush Aliy Sirojjamjampirojam@gmail.comH76215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Hukum
Manajemen Informasi
Teknologi
Keywords: Forensik Digital; Forensik Perangkat Seluler; Aplikasi Open-Source; National Institute of Standards and Technology (NIST).
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: M. MACHRUSH ALIY SIROJJAM MUSHLICH
Date Deposited: 01 Aug 2021 01:45
Last Modified: 01 Aug 2021 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48896

Actions (login required)

View Item View Item