Mengarusutamakan Islam moderat sebagai upaya untuk menanggulangi stigma Islamofobia di Indonesia melalui Islam nusantara berkemajuan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pangesti, Rezita Ayu Suciandini Eka (2021) Mengarusutamakan Islam moderat sebagai upaya untuk menanggulangi stigma Islamofobia di Indonesia melalui Islam nusantara berkemajuan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rezita Ayu Suciandini Eka Pangesti_E91217051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang mengarusutamakan Islam moderat sebagai upaya untuk menanggulangi stigma Islamofobia di Indonesia melalui Islam nusantara berkemajuan. Adapun tujuan pembuatan skripsi ini yaitu untuk mengetahui peran Islam moderat dalam menanggulangi stigma Islamofobia di Indonesia, sekaligus menganalisis bahwa Islam moderat cocok untuk menanggulangi Islamofobia di Indonesia melalui Islam nusantara berkemajuan, sebagaimana negara Indonesia sendiri terkenal dengan muslim yang moderat di dunia. Skripsi ini akan menjawab dua pertanyaan: pertama, bagaimana peran Islam moderat dalam menanggulangi stigma Islamofobia di Indonesia? Kedua, bagaimana cara menanggulangi stigma Islamofobia di Indonesia melalui Islam nusantara berkemajuan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti berusaha menggambarkan dan menganalisis fenomena yang terjadi. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari data berbasis kepustakaan (library research). Pengumpulan data diperoleh dari buku-buku, jurnal, skripsi, tesis, disertasi dan internet yang sesuai dengan tema peneliti. Skripsi ini menemukan bahwa peran Islam moderat dalam menanggulangi stigma Islamofobia di Indonesia harus dipertahankan. Islam moderat adalah Islam asli yang mempunyai semangat toleransi yang tinggi, mempertimbangkan segala sesuatunya tanpa ada kehendak mengikuti hawa nafsu dengan tetap mengikuti ketentuan Allah dan Rasulullah. Cara menanggulangi stigma Islamofobia di Indonesia melalui Islam nusantara berkemajuan adalah melalui lembaga pendidikan, di pesantren, dan harus terus memasarkan Islam moderat di bidang dakwah melalui media-media resmi yang dimiliki oleh ormas terbesar Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pangesti, Rezita Ayu Suciandini Ekarezitayu07@gmail.comE91217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Subjects: Islam
Toleransi
Keywords: Islam moderat; Islamofobia.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rezita Ayu Suciandini Eka Pangesti
Date Deposited: 29 Jul 2021 06:32
Last Modified: 29 Jul 2021 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48942

Actions (login required)

View Item View Item