Peran Maqashid Al-Shariah dalam pemaknaan hadis larangan melintasi orang salat: studi atas hadis shahih yang tidak diamalkan dalam buku 40 Hadits Shahih yang tidak diamalkan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiro, Ni’matul (2021) Peran Maqashid Al-Shariah dalam pemaknaan hadis larangan melintasi orang salat: studi atas hadis shahih yang tidak diamalkan dalam buku 40 Hadits Shahih yang tidak diamalkan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni’matul Khoiro_E95217033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan melihat pada rumusan masalah yang pertama, yakni bagaimana kualitas hadis larangan melintasi orang salat. Dan yang kedua, Bagaimana penerapan teori Maqashid al-Syariah dalam menguji hadis larangan melintasi orang salat. Jenis penelitian yang diterapkan dalam karya tulis ini adalah Library Research(penelitian kepustakaan). Oleh karena itu, data-data yang digunakan nanti bersumber dari buku-buku terkait serta literatur-literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini dilakukan ialah untuk mendapatkan jawaban atas persoalan yang diangkat penulis dalam ranah syarat hadis shahih selama ini. Dapat diketahui sebelumnya, bahwa dalam menetapkan sebuah hadis sebagai hadis shahih, hadis tersebut haruslah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh para ulama hadis terdahulu. Dalam hal ini penulis mencoba menampilkan teori Maqashid al-Syariah menurut Imam Syatibi sebagai satu opsi untuk dapat dijadikan salah satu syarat sebuah hadis shahih dapat diamalkan atau tidak oleh umat Islam. Karena dalam kasus ini, penulis menemukan hadis berkualitas shahih tetapi tidak diamalkan oleh umat Islam. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah teori Maqashid al-Syariah dapat dijadikan salah satu opsi penerimaan hadis berkualitas shahih untuk diamalkan atau tidaknya oleh umat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiro, Ni’matulimakhoiroh24@gmail.comE95217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Hadis
Keywords: Hadis Shahih; Hujjah; Maqashid al-Syariah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: nimatul khoiroh
Date Deposited: 28 Jul 2021 13:19
Last Modified: 28 Jul 2021 13:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48965

Actions (login required)

View Item View Item