Studi analisis water quality index (WQI) berdasarkan baku mutu kelas II di Sungai Wonokromo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Ana Nikmatul (2021) Studi analisis water quality index (WQI) berdasarkan baku mutu kelas II di Sungai Wonokromo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Nikmatul Laili_H71217019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbagai macam kegiatan manusia akan berdampak negatif pada pembuangan limbah ke sungai dan penurunan kualitas air sungai. Sungai Wonokromo yang membentang di timur Kota Surabaya melewati kawasan pemukiman, industri rumah tangga dan peternakan serta industri lain yang berpotensi mencemari badan sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kualitas air berdasarkan parameter fisika, kimia dan mikrobiologi dan menentukan status Water Quality Index (WQI) menggunakan metode Storet di Sungai Wonokromo. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif komparatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan Water sampler vertical pada 4 titik lokasi selama 7 hari berturut-turut (time series data). Parameter kualitas air yang diteliti meliputi suhu, TSS, DO, COD, pH, ammonia dan total coliform. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas air Sungai Wonokromo berdasarkan parameter suhu dan pH memenuhi baku mutu, sedangkan parameter TSS 100% tercemar, parameter DO 46,4% tercemar, parameter COD 14,3% tercemar, parameter ammonia 17,8% tercemar dan parameter total coliform 50% tercemar. Adapun status WQI menggunakan metode storet menunjukkan nilai -23 atau masuk kategori cemar sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Ana Nikmatulananikmata@gmail.comH71217019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id8927000020
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id198107252014031002
Subjects: Biologi
Keywords: Kualitas Air; Water Quality Index (WQI); Metode Storet; Sungai Wonokromo.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ana Nikmatul Laili
Date Deposited: 02 Aug 2021 13:38
Last Modified: 02 Aug 2021 13:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49114

Actions (login required)

View Item View Item