Identifikasi bakteri penyebab penyakit pada benih ikan lele (Clarias sp.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nursabrina, Athaya Layli (2021) Identifikasi bakteri penyebab penyakit pada benih ikan lele (Clarias sp.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Athaya Layli Nursabrina_H71217025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ikan lele (Clarias sp.) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang tinggi minat konsumsinya di kalangan masyarakat Indonesia. Usaha budidaya ikan lele merupakan salah satu solusi yang banyak dilakukan untuk dapat mengatasi jumlah permintaan tersebut. Kegiatan budidaya ikan lele dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dengan masing-masing jenis kolam dan sistem budidaya yang berbeda. Namun, dalam kegiatan budidaya, hasil yang diperoleh tidak selalu sesuai dengan keinginan, ada kalanya pembudidaya mengalami kerugian yang diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah akibat kehadiran mikroba patogen. Rancangan penelitian yang dilakukan ialah deskriptif eksploratif, yaitu penelitian yang didasarkan pada kegiatan observasi dan identifikasi bakteri patogen yang ditemukan pada benih ikan lele yang diambil dari berbagai jenis kolam budidaya yaitu kolam tanah, terpal, semen, bioflok dan HDPE (High Density Polyethylene). Identifikasi bakteri yang dilakukan meliputi, pengamatan morfologi, uji mikroskopis dan uji biokimia. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa bakteri yang berasal dari Genus Aeromonas dan Genus Pseudomonas merupakan dua kelompok bakteri yang paling banyak ditemukan, selain itu juga ditemukan bakteri dari Genus Vibrio, Staphylococcus dan Bacillus. Penemuan beberapa jenis bakteri ini secara garis besar dapat memberi gambaran mengenai kondisi kolam, sistem yang diterapkan serta kondisi lingkungan tempat budidaya. Jenis bakteri yang memiliki potensi paling besar sebagai patogen pada ikan lele berhasil diidentifikasi dari kolam tanah, yaitu bakteri Aeromonas hydrophila yang dapat menyebabkan kematian ikan air tawar hingga 90% di seluruh dunia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nursabrina, Athaya Layliathaya.layli@yahoo.comH71217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunitaainunjariyah@gmail.com0705128601
Subjects: Biologi
Keywords: Ikan lele; Kolam Budidaya; Bakteri pattogen.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Athaya Layli Nursabrina Bagoes
Date Deposited: 04 Aug 2021 13:38
Last Modified: 04 Aug 2021 13:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49121

Actions (login required)

View Item View Item