Keanekaragaman serangga Polinator pada Tanaman Salak (Salacca zalacca) dua Varietas Pondoh di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang dan Kecamatan Prigen, Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudrofin, Mudrofin (2021) Keanekaragaman serangga Polinator pada Tanaman Salak (Salacca zalacca) dua Varietas Pondoh di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang dan Kecamatan Prigen, Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mudrofin_H01217010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Prigen merupakan salah satu daerah yang mengembangkan kawasan agribisnis holtikultura berupa tanaman salak. Perkebunan salak merupakan ekosistem yang kompleks, baik dari faktor biotik maupun abiotik, salah satu faktor biotik tanaman salak adalah serangga pollinator yaitu serangga yang membantu dalam proses penyerbukan dan meningkatkan hasil produksi buah pada tanaman salak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman serangga pollinator pada perkebunan salak. Pengambilan sampel meggunakan metode yellow sticky trap. Ditemukan sebanyak 220 individu yang terdiri dari 2 ordo, 3 famili dan 4 spesies. Hasil di analisis dengan 3 indeks yaitu, indeks keanekaragaman, indeks dominansi dan indeks similaritas. Nilai indeks keanekaragaman pada lokasi 1 (H’=0.97) sedangkan pada lokasi 2 (H’=0) diketahui dengan nilai yang rendah. Indeks dominansi pada lokasi 1 yang menunjukkan nilai paling tinggi oleh spesies Elaeidobius kamerunicus dengan nilai (C= 0.38), sedangkan pada lokasi 2 oleh spesies Dolichoderus thoracicus (C= 1). Sedangkan nilai similaritas kedua lokasi menunjukkan nilai (SI= 2%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudrofin, Mudrofinmudrofin23@gmail.comH01217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Ekologi
Keywords: Keanekaragaman; Dominansi; Similaritas; Serangga; Pollinator; Tanaman Salak.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: mudrofin anam
Date Deposited: 09 Aug 2021 20:49
Last Modified: 09 Aug 2021 20:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49126

Actions (login required)

View Item View Item