Analisis maslahah terhadap tradisi Nganyareh Kabin bagi tenaga kerja wanita setiap pulang kampung di Desa Macajah Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Halimatus (2021) Analisis maslahah terhadap tradisi Nganyareh Kabin bagi tenaga kerja wanita setiap pulang kampung di Desa Macajah Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatus Sa'diyah_C91216151.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang “Analisis Maslahah Terhadap Tradisi Nganyareh kabin Bagi TKW Setiap Pulang Kampung di Desa Macajah Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana pelaksanaan tradisi nganyareh kabin bagi seorang TKW setiap pulang kampung di Desa Macajah Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan serta bagaimana analisis mas{lah{ah terhadap tradisi nganyareh kabin bagi TKW setiap pulang kampung di Desa Macajah Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian studi lapangan atau field research dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara yang terstruktur karena penulis menggali informasi untuk pengumpulan data-data yang mewawancarai warga setempat tentang tradisi nganyareh kabin yang ada di Desa Macajah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dengan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian ini berisi bahwa: Tradisi nganyareh kabin bagi seorang TKW setiap pulang kampung di Desa Macajah jelas manfaatnya karna keyakinan mereka akan mendatangkan hal-hal yang baik dari yang dihawatirkan, akan tetapi hal yang harus diingatkan bukan hanya tentang nganyareh kabin saja dan kewajiban suami istrinya tidak dikerjakan. Lebih baik tidak melakukan nganyareh kabin tapi hubungan suami istri kemudian tidak dikerjakan setelah datang dari TKW dari luar negeri maka yang harus di perbarui sesungguhnya tentang hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga. Tradisi nganyareh kabin juga termasuk teori mas{lah{ah tahsiniyah. Selain mas{lah{ah juga ada kemafsadatannya begitupun nganyareh kabin tersebut, Jika dilihat maslahahnya lebih besar dari kemafsadatannya maka tradisi nganyareh kabin ini boleh dilakukan walaupun aspek kemafsadatannya harus ditekankan karna pemahaman yang keliru, kalau tidak melakukan nganyareh kabin akan berdampak pada keselamat serta rezekinya, hal tersebut jelas keliru, ini yang harus diperbaiki jadi sisi maslahahnya tetap dijaga dan sisi mafsadahnya sedikit-sedikit harus dikurangi, jika bisa ditiadakan. Sesuai kesimpulan diatas nganyareh kabin bukanlah penentu keharmonisan, penentu rizki dan sebagainya, walaupun itu menenangkan karna hal tersebut menjadi kepercayaan masyarakat akan tetapi melaksanakan hak dan kewajiban suami istri juga harus diterapkan. Selain itu juga para tokoh masyarakat dan tokoh agama hendaknya memberi bimbingan dan penyuluhan terutama tentang nganyareh kabin serta hak dan kewajiban suami istri yang mana pelaksanaan keduanya dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan pernikahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Halimatushalimatuss771@gmail.comC91216151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusarrofa, Itaitaisme@gmail.com2001087901
Subjects: Masyarakat
Tenaga Kerja
Adat
Keywords: Maslahah; Nganyareh Kabin; TKW.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 06 Aug 2021 23:51
Last Modified: 06 Aug 2021 23:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49264

Actions (login required)

View Item View Item