Analisis politik ruang terbuka hijau: studi kasus pada Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaman, Abdillah Qomaru (2021) Analisis politik ruang terbuka hijau: studi kasus pada Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdillah Qomariu Zaman_I01217001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menjelaskan: (1) Bagaimana politik lingkungan dalam wujud pengembangan ruang terbuka hijau di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan (2) Bagaimana dinamika kepentingan antar aktor dalam praktik pengembangan RTH. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam memilih sampelnya menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kebutuhan penelitian. Teori yang digunakan menggunakan konsepGreen politics oleh Eckersley. Hasil penelitiannya bisa dijelaskan yakni: (1) Pengembangan RTH di Kec. Lamongan, Kab. Lamongan sampai saat ini masih belum maksimal, kemampuan masyarakat untuk berperan aktif dalam program pengelolaan lingkungan amat rendah, hal tersebut berpengaruh pada fungsi RTH yang belum begitu dirasakan oleh masyarakat dan berpengaruh pada segi pemeliharaan yang tidak mendapat perhatian secara penug. Dari hasil penelitian, pengembangan RTH Kab. Lamongan masih di dominasi dengan RTH privat yang lebih dari 90%. Sementara alokasi untuk pemanfaatan lahan jalur hijau, Taman dan tempat rekreasi masih kurang maksimal. Jika kita hubungkan dengan Permen PU No 5 Tahun 2008 maka hal ini sangat jauh dari yang diharapkan karena perbandingan RTH ialah 30 persen dari total luas wilayah Lamongan yang mencapai 1.782 km2 (2) Pemerintahan Kab. Lamongan saat ini masih fokus terhadap isu ekonomi dan mengesampingkan tentang isu lingkungan khususnya RTH oleh karena itu sustainable development (pembangunan berkelanjutan) sangat sulit di jalankan dengan maksimal di Kec. Lamongan Kab. Lamongan. Pemerintah dalam membuat tata ruang sekedar berfokus pada kepentingan kapitalis dan lebih banyak menyiapkan ruang dan tempat bagi para pemodal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaman, Abdillah Qomaruabdillahqzz@gmail.comI01217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhaq, M. Zimmamulzimamulkhaq@ymail.com198212022015031002
Subjects: Politik
Keywords: Politik; Lingkungan; Lamongan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Abdillah Qomaru Zaman
Date Deposited: 02 Aug 2021 13:21
Last Modified: 02 Aug 2021 13:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49267

Actions (login required)

View Item View Item