Pengaruh metode Reading Aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an Hadits pada siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub Bancar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Ni Imahiya (2021) Pengaruh metode Reading Aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an Hadits pada siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub Bancar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni Imahiya Islami_D07217021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah mengenai kemampuan membaca Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV yang masih rendah atau di bawah rat-rata. Metode pembelajaran dapat menjadi salah faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk kemampuan membaca Al-Qur’an Hadits adalah metode reading aloud, karena itu metode ini digunakan di MI Tanwirul Qulub sehingga pembelajaran bisa berhasil sesuai dengan tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub . dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-Exsperimental Design dan bentuk yang digunakan adalah One-Group-Pretest-Posttest yaitu metode yang digunakan untuk mengertahui pengaruh perlakuan terhadap yang lain dalam situasi yang dapat terkendalikan. Teknik analisi data ini menggunakan uji hipotesis dengan menggunakanUji T- Test dan Uji T yang digunakan di sini adalah Uji Paired T-Test. Hasil penelitian diperoleh dari uji normalitas dengan nilai Asymp sig (2-tailed) 0.511 dengan nilai α = 0,05 , maka dapat dinyatakan bahwa data berdistribusi normal karena jika sig > α (0,05) dan (0.511>0.05). Untuk hasil uji homogenitas untuk sig > α (0,05) dengan menunjukkan hasil 0.005 dan (0.005<0.05) jadi data ini tidak sama. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T-Test ddengan menggunakan uji Paired-Test didapatkan nilai sig (2-tailed) dengan nilai 0.000 maka disesuaikan dengan pengambilan hipotesis jika sig < 0.05 dengan (0.000<0.05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat diartikan bahwa ada pengaruh metode reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Ni Imahiyaniimahiya27@gmail.comD07217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlir--2022076802
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode reading aloud; Kemampuan membaca Al-Qur’an Hadits.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ni Imahiya islami
Date Deposited: 09 Aug 2021 20:55
Last Modified: 09 Aug 2021 20:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49277

Actions (login required)

View Item View Item