Hak politik penyandang disabilitas dalam pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya Tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayani, Erfianti (2021) Hak politik penyandang disabilitas dalam pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya Tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erfianti Rahmayani_I71217054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini, terdapat dua permasalahan yang dikaji. Pertama adalah bagaimana diskriminasi hak politik pada para penyandang disabilitas, dan yang kedua bagaimana kehadiran negara dalam pemenuhan hak politik penyandang disabilitas pada pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya tahun 2020. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah, Politik Penyandang Disabilitas, dan Dialektika Civil Society dan Negara. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa, pada pemenuhan hak politik penyandang disabilitas terutama dalam sosialisasi dan sarana prasarana masih terdapat adanya diskriminasi. Kemudian, dalam hal kehadiran negara, KPU kota Surabaya telah berupaya untuk memenuhi hak politik para penyandang disabilitas dengan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas mengikuti program Relawan Demokrasi (Relasi) basis penyandang disabilitas. Hasilnya, pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya tahun 2020 lebih baik dibandingkan dengan Pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya tahun 2015. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan pemilih penyandang disabilitas yang cukup signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayani, Erfiantierfiantirhmyni12@gmail.comI71217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Penyandang Cacat
Politik
Hak Asasi Manusia
Keywords: Hak Politik; Penyandang disabilitas; Pilkada.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Erfianti Rahmayani
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:44
Last Modified: 11 Aug 2021 12:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49416

Actions (login required)

View Item View Item