Analisis peran CV. RAJ Organik dalam pemberdayaan masyarakat ditinjau dari perspektif maslahah mursalah melalui Budidaya Cacing Tanah di Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrullah, Achmad Faiz (2021) Analisis peran CV. RAJ Organik dalam pemberdayaan masyarakat ditinjau dari perspektif maslahah mursalah melalui Budidaya Cacing Tanah di Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Faiz Amrullah_G94216145.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Peran CV. RAJ Organik dalam Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau dari Perspektif Maslah}ah Mursalah Melalui Budidaya Cacing Tanah di Kabupaten Malang”. Penelitian ini didasari oleh peran CV. RAJ Organik dalam melakukan pemberdayaan masyarakat yang dengan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar, pelatihan usaha dan juga melakukan sistem kemitraan usaha. Perusahaan CV. RAJ Organik sendiri menjalankan kegiatan usaha dan pemberdayaan masyarakat melalui budidaya cacing tanah. Berbagai bentuk kegiatan muamalah seperti kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh perusahaan CV. RAJ Organik perlu diketahui landasan hukum Islam yang kuat agar tetap sejalan dengan tujuan dan prinsip-prinsip syariat. Maka peneliti menggunakan metode maslah}ah mursalah dalam mengkaji hukum Islam yang berkaitan dengan peran CV. RAJ Organik dalam pemberdayaan masyarakat melalui budidaya cacing tanah. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti mengamati fenomena kejadian yang ada di lapangan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan mengumpulkan data dari berbagai macam literatur tanpa menggunakan pengukuran numerik, rumus ststistik ataupun kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran CV. CV. RAJ dalam pemberdayaan masyarakat tidak hanya dapat dilihat pada aspek ekonomi, melainkan masyarakat di Kabupaten Malang yang diberdayakan akhirnya dapat berdaya, mampu mandiri dan berefek kemanfaatan sosial pada lingkungannya. Peran CV. RAJ Organik dalam pemberdayaan masyarakat melalui budidaya cacing tanah di Kabupaten Malang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: tahap penyadaran/promosi, tahap pembinaan dan tahap kemandirian. Proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh CV. RAJ Organik melalui budidaya cacing tanah memberi kemaslahatan bagi perusahaan dan masyarakat Kabupaten Malang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrullah, Achmad Faizachmadfaiz.am112@gmail.comG94216145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@uinsby.ac.id2016017501
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Budidaya cacing tanah; Maslahah mursalah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ACHMAD FAIZ AMRULLAH
Date Deposited: 12 Aug 2021 11:27
Last Modified: 12 Aug 2021 11:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49417

Actions (login required)

View Item View Item