Peran tradisi ruwatan di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga dalam Proses Penyebaran Islam di Desa Pakuncen Patianrowo Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Ajeng Eka (2021) Peran tradisi ruwatan di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga dalam Proses Penyebaran Islam di Desa Pakuncen Patianrowo Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ajeng Eka Safitri_A92217050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang berjudul “Peran Tradisi Ruwatan di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Dalam Penyebaran Agama Islam di Desa Pakuncen Patianrowo Nganjuk”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang serta prosesi tradisi ruwatan dipondok pesantren Sunan Kalijaga, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran tradisi ruwatan dalam penyebaran agama Islam di Desa Pakuncen Pataianrowo Nganjuk. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif melalui proses observasi atau penelitian lapangan. Sehingga data yang diperoleh dari hasil wawancara serta dokumentasi untuk mendapatkan informasi terkait dengan peran tradisi ruwatan dipondok pesantren Sunan Kalijaga dalam penyebaran Agama Islam didesa Pakuncen Patianrowo Nganjuk dengan menggunakan pendekatan budaya didalamnya. Dalam penelitian ini penulis membahas tentang tradisi kejawen yaitu tradisi ruwatan yang masih dilestarikan hingga saat ini oleh sebagian kelompok yang masih meyakininya. Ruwatan sendiri merupakan budaya masyarakat Jawa yang merupakan warisan dari nenek moyang mereka. Menurut keyakinan mereka jika dilaksanakannya ruwatan maka akan membawa keberuntungan bagi mereka yang pelaksanakannya. Dalam perkembangannya tradisi ruwatan ini dijadikan sebagai media dalam penyebaran agama Islam oleh pondok pesantren Sunan Kalijaga. Menurut pengasuh pondok pesantren Sunan Kalijaga dalam kegiatan ruwatan tersebut pada mulanya terdapat kegiatan yang menyimpang dari agama Islam sehingga hal yang menyimpang tersebut harus diluruskan dengan mengganti prosesi yang ada pada kegiatan ruwatan yang tidak bertentangan dengan agama Islam namun juga tidak dengan menghapus budaya itu sendiri atau dengan menggunakan akulturasi budaya antara
Jawa dan Islam. Ruwatan dipondok pesantren Sunan Kalijaga ini dilakukan secara masal dengan dipimpin oleh dalang dan pengasuh pondok pesantren Sunan Kalijaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Ajeng Ekaajengekasafitri123@gmail.comA92217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Budaya Islam
Daulah Islam
Tradisi Islam
Keywords: Budaya; Tradisi; Ruwatan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Safitri Ajeng Eka
Date Deposited: 12 Aug 2021 11:38
Last Modified: 12 Aug 2021 11:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49437

Actions (login required)

View Item View Item