Upaya penyelamatan UMKM kuliner perspektif Maqashid al-Syariah: studi prilaku penerima bantuan era Covid-19 di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riskiyah, Rofiqotur (2021) Upaya penyelamatan UMKM kuliner perspektif Maqashid al-Syariah: studi prilaku penerima bantuan era Covid-19 di Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rofiqotur Riskiyah_F02419142.pdf

Download (2MB)

Abstract

Beberapa permasalahan pada prilaku UMKM setelah menerima banpres produktif di Surabaya, antara lain: pertama, persepsi pelaku UMKM tentang banpres produktif tidak hanya untuk pengembangan usaha namun juga untuk kegiatan konsumtif. kedua, kurangnya rencana yang terstruktur untuk pengembangan usaha setelah mendapatkan banpres produktif ketiga, rendahnya pengetahuan sekaligus akses pelaku UMKM terhadap banpres produktif.Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Penelitian fenomenologi adalah penelitian yang membahas tentang fenomena yang dialami dalam kesadaran, pikiran, dan dalam tindakan. Feneomenologi mencoba mencari pemahaman tentang bagaimana manusia mengkonstruksi makna dan konsep-konsep penting dalam kerangka intersubjektifitas. Hasil dari penelitian ini yakni: pertama, upaya penyelamatan yang dilakukan oleh pemerintah guna menyelamatkan pelaku UMKM baik, namun implementasi dilapangan sangatlah perlu dilakukan perbaikan dikarenakan banyak pelaku UMKM yang kurang sadar akan adanya banpres produktif serta kurangnya SDM mereka untuk mengakses internet untuk mendaftarkan diri mereka melalui online ataupun ofline. kedua, pelaku UMKM setelah menerima banpres produktif tidak memiliki rencana khusus untuk pengembangan usaha mereka masing-masing dikarenakan setalah mereka mendapatkan banpres produktif tidak ada bimbingan atau tindakan langsung dari pemerintah guna mengembangkan usaha mereka yang dengan tujuan banpres produktif menjadikan pelaku usaha yang mandiri dikemudian hari, sehingga sangat disayangkan dengan adanya penyaluran banpres produktif yang baik bagi pelaku UMKM malah dibiarkan begitu saja. ketiga dampak dari adanya banpres produktif bagi pelaku UMKM bisa dikatakan cukup baik dilihat dari kondisi UMKM stelah menerima banpres produktif usahanya mulai hidup kembali dan berkembang, namun ada sebagaian pelaku UMKM setelah mendapatkan banpres produktif usahanya tetap mati karena hanya mengandalkan sistem jual beli face to face.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riskiyah, Rofiqoturrofiqohgeizersnoup18@gmail.comF02419142
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Thesis advisorFauzia, Ika Yuniaika.yunia@perbanas.ac.id0702068201
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Penyelamatan UMKM; Prilaku UMKM; Banpres Produktif.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rofiqotur Riskiyah
Date Deposited: 26 Aug 2021 22:27
Last Modified: 26 Aug 2021 22:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49543

Actions (login required)

View Item View Item