Hubungan antara tingkat kecerdasan emosi dan kecenderungan perilaku agresif pada pemain Game Online

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Anisa Musa Ratna (2021) Hubungan antara tingkat kecerdasan emosi dan kecenderungan perilaku agresif pada pemain Game Online. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Anisa Musa Ratna Sakinah _J71217112.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini untuk membuktikan hubungan tingkat kecerdasan emosi dan kecenderungan perilaku agresif pada pemain game online. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional dengan bentuk verifikatif, menggunakan skala adaptasi dari The Schutte Self Report Emotional Intelligence Test (SSEIT) untuk variabel kecerdasan emosi dan skala adaptasi dari Buss–Perry Aggression Questionnaire (BPAQ) untuk variabel perilaku agresif yang kemudian ditambahkan dengan aitem–aitem buatan sendiri berdasarkan aspek kecerdasan emosi dan aspek perilaku agresif. Populasi dalam penelitian ini menggunakan perhitungan populasi infinit sehingga ditemukan minimal jumlah subyek sebanyak 151 pemain game online yang berada pada masa dewasa awal, memainkan setidaknya satu dari ketiga jenis game populer yaitu, FPS, MOBA, atau RPG dan tergabung dalam komunitas virtual melalui salah satu dari media berikut (Discord, LINE, Facebook, Whatsapp). Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji product moment pearson dengan bantuan SPSS, hasilnya kedua variabel memiliki signifikansi 0,000 < 0,05 artinya variabel kecerdasan emosi dan perilaku agresif memiliki hubungan yang signifikan. Nilai koefisien korelasi dari kedua variabel adalah -0,473 artinya hubungan korelasi antar dua variabel cukup kuat dan keduanya berkorelasi negatif. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya terdapat hubungan negatif antara tingkat kecerdasan emosi dan kecenderungan perilaku agresif pada pemain game online. Berarti, semakin tinggi kecerdasan emosi gamers yang berada pada masa dewasa awal maka semakin rendah kecenderungan perilaku agresifnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, Anisa Musa Ratnaanisaratna5@gmail.comJ71217112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsiyah, Nurnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Psikologi
Keywords: Kecerdasan Emosi, Perilaku Agresif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Anisa Musa Ratna Sakinah
Date Deposited: 19 Aug 2021 01:53
Last Modified: 19 Aug 2021 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49558

Actions (login required)

View Item View Item