Perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip di Era New Normal ditinjau dari Teori Konsumerisme Jean Baudrillard, Undergraduatethesis, UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Salsabila Nurul (2021) Perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip di Era New Normal ditinjau dari Teori Konsumerisme Jean Baudrillard, Undergraduatethesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Salsabila Nurul Hidayah_I73217044.pdf

Download (957kB)

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang dikaji, yakni (1) Bagaimana bentuk perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya di era new normal? (2) Apa saja faktor yang melatarbelakangi perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya di era new normal? (3) Bagaimana dampak perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya di era new normal? Sedangkan tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya, untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya di era new normal serta untuk mengetahui dampak perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya di era new normal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara tepat sifat-sifat individu atau kelompok tertentu dalam masyarakat. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konsumerisme milik Jean Baudrillard. Hasil penelitian yang peneliti temukan bahwa (1) Bentuk dari perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya di era new normal mengkonsumsi barang seperti fashion, skincare dan konsmetik (2) Faktor yang melatarbelakangi adanya perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya di era new normal yakni adanya layanan yang diberikan oleh aplikasi shopee seperti gratis ongkir dan juga flash sale yang menyebabkan mahasiswa berperilaku konsumtif. (3) Dampak yang menyebabkan perilaku konsumtif mahasiswa Febi dan Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu faktor kepuasan mahasiswa dalam berbelanja dimana adanya jaminan yang diberikan oleh shopee dan kualitas baik pelayanan maupun barang. Mahasiswa akan banyak menghabiskan waktu untuk melakukan proses belanja dan akan lebih boros seiring dengan meningkatnya pembelian produk di Shopee. Maka hal tersebut akan memicu perilaku konsumtif dengan membeli barang secara berlebihan. Berkaitan dengan konsep Konsumerisme milik Baudrillard bahwa masyarakat modern tidak lagi melihat nilai guna melainkan nilai tanda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Salsabila Nurulbielasalsa81@gmail.comI73217044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Sosiologi
Keywords: Mahasiswa; Perilaku Konsumtif; New Normal.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: SALSABILA NURUL HIDAYAH
Date Deposited: 15 Aug 2021 05:14
Last Modified: 15 Aug 2021 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49561

Actions (login required)

View Item View Item