Analisis mikroplastik pada air, sedimen dan kerang lorjuk (Solen sp.) di Pantai Talang Siring Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Valasia, Mirna Nur (2021) Analisis mikroplastik pada air, sedimen dan kerang lorjuk (Solen sp.) di Pantai Talang Siring Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mirna Nur Valasia_H71217035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan potensi pesisir laut berpotensi mencemari laut dengan sampah plastik. Plastik akan terdegradasi menjadi partikel mikroplastik yang ditemukan pada sampel air, sedimen dan kerang lorjuk (Solen sp.) di Pantai Talang Siring, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Analisis mikroplastik dilakukan untuk mengetahui kelimpahan, bentuk, warna, dan jenis polimer mikroplastik. Sampling dilakukan di 3 stasiun saat pasang dan surut yaitu area hutan mangrove, pantai wisata dan pelabuhan nelayan. Hasil penelitian menunkukkan rata-rata kelimpahan mikroplastik pada sampel air sebanyak 46 partikel/ 500 ml air laut, sedimen 124 partikel/ 200 gram sedimen dan kerang lorjuk 65 partikel/ 10 ekor kerang lorjuk. Bentuk mikroplastik sampel air dan sedimen yaitu film, fiber dan fragmen, sedangkan pada sampel kerang lorjuk hanya ditemukan film dan fiber. Warna mikroplastik yang ditemukan pada sampel air, sedimen dan kerang lorjuk yaitu transparan, kuning, putih, merah, hitam, hijau, biru, coklat. Ukuran mikroplastik pada sampel sedimen yaitu 1535 partikel berukuran kecil (< 1mm) dan 722 partikel ukuran besar (1-5mm), air terdiri dari 127 partikel kecil dan 151 partikel besar, dan pada kerang lorjuk terdiri dari 253 partikel kecil dan 136 partikel besar. Polimer mikroplastik yang ditemukan di sampel air terdiri dari polyethylene, polypropylene dan PEVAC, sedimen terdiri dari polyethylene, polypropylene, PET, dan PEVAC, sedangkan pada sampel kerang tediri dari polimer polyethylene dan PEVAC. Pada penelitian dibidang mikroplastik selanjutnya diharapkan mencakup aspek yang lebih kompleks yaitu mencakup seluruh habitat kerang lorjuk di Pulau Madura dan menganalisis interaksi hubungan antara mikroplastik dengan polutan yang diserap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Valasia, Mirna Nurmirnavalasia@gmail.comH71217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Moch Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Biologi
Keywords: polyethylene; polypropylene; PEVAC; PET.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Mirna Nur Valasia
Date Deposited: 15 Aug 2021 10:28
Last Modified: 15 Aug 2021 10:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49569

Actions (login required)

View Item View Item