Analisis hukum Islam terhadap akad pesan memesan di penjahit Desa Kemamang Balen Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atikasari, Yulia Dwi (2021) Analisis hukum Islam terhadap akad pesan memesan di penjahit Desa Kemamang Balen Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yulia Dwi Atikasari_C92217183.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dan dokumentasi. Data tersebut dianalisa menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir induktif yang menggunakan data-data di lapangan kemudian dikorelasikan dengan teori-teori hukum Islam untuk selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, praktek akad pesan memesan di penjahit Desa Kemamang Balen Bojonegoro dilakukan secara lisan dan didasarkan pada kepercayaan antara pemesan dan penjahit. Setelah terjadinya akad, proses produksi baru bisa dimulai dan penjahit membuat busana sesuai dengan permintaan pemesan. Permasalahan dalam suatu usaha sudah biasa terjadi. Permasalahan bisa disebabkan oleh kesalahan pihak penjahit ataupun dari pihak pemesan. Oleh karena itu praktek pesan memesan di Penjahit Desa Kemamang Balen Bojonegoro tidak sah dan belum sesuai dengan ketentuan akad istishna’ menurut hukum Islam yang berlaku, dan juga dalam Islam ketika ada permaslaahan dalam jual beli, pembeli dan penjual mempunyai hak khiyar yaitu dijelskan bahwa terdapat hak khiyar bagi penjual atau pembeli untuk melanjutkan atau membatalkan transaksi jika terjadi permasalahan. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka antara penjahit dan pembeli mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi secara kekeluargaan dan kesepakatan antara kedua belah pihak agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atikasari, Yulia Dwiyuliadwi033@gmail.comC92217183
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChaidaroh, Umi--2010097401
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: akad pesan memesan busana di penjahit
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yulia Dwi Atikasari
Date Deposited: 15 Aug 2021 23:57
Last Modified: 15 Aug 2021 23:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49590

Actions (login required)

View Item View Item