Ashab Al-Shimal perspektif Wahbah Zuhaili: studi penafsiran Q.S. Al-Waqiah ayat 41-56 dalam Tafsir Al-Munir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pranoto, Arie Setyo (2021) Ashab Al-Shimal perspektif Wahbah Zuhaili: studi penafsiran Q.S. Al-Waqiah ayat 41-56 dalam Tafsir Al-Munir. Undergraduate thesis, Uins Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arie Setyo Pranoto_E03216004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Konsep Ashab Al-Shimal Perspektif Wahbah Zuhaily yang mana didalamnya membahas penafsiran surat Al-Waqi’ah ayat 41-56. Surat Al-Waqi'ah termasuk golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 96 ayat, diturunkan setelah Surat Taha'. Nama Al-Waqi'ah diambil dari kata al-waqi'ah (hari kiamat) yang terdapat pada ayat pertama اِذَا الْوَاقِعَةُۙ. surat ini menjelaskan tentang terjadinya hari kiamat dan juga menceritakan berbagai peristiwa pada hari itu yang membedakannya dengan hari-hari lainnya. Karena pada hari itu nasib manusia dan posisi bumi berubah di bawah naungan kengerian karena bumi diganti dengan bumi lain, seperti halnya nilai-nilai berubah dengan nilai-nilai lain. Kemudian surat ini merinci kembalinya tiga golongan, yaitu As-shabiqun (orang-orang yang dulu beriman), Ashab Al-Yamin (golongan kanan), Ashab Al-Shimal (kelompok kiri), juga menjelaskan nikmat dan hukuman yang mereka terima secara detail hingga detail.Adapun Ashab Al-Shimal menurut Wahbah Zuhaily dalam Tafsir Al-Munir adalah golongan yang menerima buku catatan perbuatan dengan tangan kiri. Allah swt memberikan hukuman bagi mereka begitu hebat dan luar biasa mengerikan. Mereka tersiksa dalam angin yang sangat panas yang masuk melalui pori-pori mereka dan mereka minum dari air yang sangat panas karena rasa haus mereka yang begitu kuat. Ketika api membakar seluruh tubuh mereka di dalam dan di luar, mereka segera bergegas menuju air. Demikian juga, ketika mereka mencoba melarikan diri dari angin dan udara yang sangat panas ke tempat berteduh, seperti yang dilakukan makhluk ketika di dunia, mereka menemukan bahwa bayangan itu ternyata adalah asap Jahat hitam yang sangat tebal

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pranoto, Arie Setyoarie19021998@gmail.comE03216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Akhirat > Hari Kiyamat
Keywords: Ashab Al-Shimal; Wahbah Zuhaili; Tafsir Al-Munir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Arie Setyo Pranoto
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:12
Last Modified: 03 Nov 2021 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49625

Actions (login required)

View Item View Item