Penentuan Rashdul Kiblat ketika matahari berada di kaki Kakbah untuk Wilayah Indonesia Bagian Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrilah, Syadila (2021) Penentuan Rashdul Kiblat ketika matahari berada di kaki Kakbah untuk Wilayah Indonesia Bagian Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syadila Amrilah_C97217022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Penentuan rashdul kiblat ketika Matahari berada di kaki kakbah untuk wilayah Indonesia bagian Timur (studi pengukuran arah kiblat dengan bayangan Matahari di Biak-Papua), menjawab dua rumusan masalah, yaitu tentang konsep penentuan rashdul kiblat ketika Matahari berada di kaki Kakbah untuk wilayah Indonesia bagian Timur dan hasil studi pengukuran arah kiblat dengan bayangan Matahari di Biak-Papua ketika Matahari berada di kaki Kakbah. Guna menjawab dua rumusan masalah tersebut, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer data sekunder. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yakni metode komparatif dan deskriptif, guna mengetahui tingkat keakurasian dan penggambaran terkait hasil penelitian tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terkait de\ngan Konsep penentuan rashdul kiblat ketika Matahari berada di kaki kakbah untuk wilayah Indonesia bagian Timur yakni dapat dilakukan pada daerah yang mempunyai rentang waktu minimum 5 hingga 5,5 jam dan dapat dilakukan dua hari sebelum juga dua hari sesudah tanggal 29 November dan 14 Januari dengan keadaan langit cerah dan tidak terhalang oleh awan. Hasil studi pengukuran arah kiblat dengan Matahari di Biak-Papua ketika Matahari berada di kaki Kakbah, setelah dilakukan penelitian di ketiga masjid Biak Papua dan dengan membandingkan rashdul kiblat harian maka dapat disimpulkan cukup akurat dengan memiliki selisih sudut arah kiblat yakni 3-17 menit derajat dari tanggal 27-29 November 2020, dan pada tanggal 12-14 Januari 2021 memiliki selisih sudut arah kiblat yakni 4-14 menit derajat. Selaras dengan hasil tersebut, maka peneliti memberikan saran bahwa dengan adanya metode penentuan arah kiblat tersebut, perlu kiranya melakukan edukasi terkait metode penentuan arah kiblat di kaki Kakbah tersebut dan dapat dijadikan sebagai salah satu metode penentuan arah kiblat guna menyelaraskan arah kiblat masjid yang berada di wilayah Papua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrilah, Syadilasyadila08@gmail.comC97217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com1986081620150310003
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Rashdul kiblat; Arah Kiblat.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Syadila Amrilah
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:45
Last Modified: 18 Aug 2021 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49626

Actions (login required)

View Item View Item