Tingkat keberhasilan Rukyatulhilal dengan Digital Image Processing di Lembaga Falakiyah PCNU Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alliviyah, Hayu May (2021) Tingkat keberhasilan Rukyatulhilal dengan Digital Image Processing di Lembaga Falakiyah PCNU Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hayu May Alliviyah_C07217004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis lapangan. Data primer yang penulis gunakan dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan lembaga falakiyh PCNU Gresik. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku atau jurnal yang berhubungan dengan penelitian yang sesuai dengan topik dari penelitian penulis yakni rukyatulhilal dengan digital image processing. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskripstif. pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari skripsi ini menyimpulkan bahwa langkah-langkah rukyatulhilal dengan digital image processing yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah PCNU Gresik dilakukan dengan beberapa langkah yang diawali dengan persiapan yakni : mempersiapkan data, mempersiapkan instrumen, melakukan pengaturan kamera dan mounting. Langkah selanjunya yakni pengambilan citra Hilal, biasanya mengambil sebanyak 100 frame dengan jeda setiap 2 menit. Langkah yang terakhir yakni pengolahan data dengan cara mengubah video menjadi foto, melakukan stacking atau menumpuk citra, dan menaikkan kontras. Tingkat keberhasilan rukyatulhilal dengan Digital Image Processing yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah PCNU Gresik masih cukup rendah karena Lembaga Falakiyah PCNU Gresik mendapatkan nilai sebesar 0,16%. Selama menggunakan digital image processing ini Lembaga Falakiyah PCNU Gresik. Berhasil mendapatkan Hilal sebanyak 9 kali dengan ketinggian 8° sampai 23°. Dari 9 kali mendapatkan Hilal hanya 1 kali berhasil untuk rukyatulhilal pada hari pertama dengan ketinggian 8° selain itu, berhasil namun pada hari kedua. Teknik rukyatulhilal dengan digital image processing yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah PCNU gresik ini dapat dikategorikan masih pemula sehingga sangat wajar apabila mendapatkan hasil yang kurang masksimal. Untuk kedepannya agar mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya jika menambahkan pembersihan citra flat pada langkah-langkah yang digunakan. Karena hal itu cukup berpengaruh pada hasil dari rukyatulhilal dengan digital image processing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alliviyah, Hayu Mayhayumay99@gmail.comC07217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorQulub, Siti Tatmainulnungky_diamond@yahoo.com198912292015032007
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Rukyatulhilal; Teknologi Rukyatulhilal; Digital image processing.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Hayu May Alliviyah
Date Deposited: 18 Aug 2021 23:47
Last Modified: 18 Aug 2021 23:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49663

Actions (login required)

View Item View Item