Analisis hubungan perkembangan pariwisata bahari terhadap perubahan penggunaan lahan di wilayah pesisir desa Bangsring Kab. Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pribadi, Muh Krisna Satria (2021) Analisis hubungan perkembangan pariwisata bahari terhadap perubahan penggunaan lahan di wilayah pesisir desa Bangsring Kab. Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh Krisna Satria Pribadi_H74217053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pariwisata adalah salah satu sektor utama yang diunggulkan dalam hal pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Pariwisata yang terletak di wilayah pesisir desa Bangsring diantaranya meliputi Pantai Bangsring Underwater, Pantai Grand Watu Dodol (GWD) dan Pantai Mutiara Pulau Tabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan penggunaan lahan di wilayah pesisir desa Bangsring dan untuk mengetahui hubungan perkembangan pariwisata bahari terhadap perubahan penggunaan lahan di wilayah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan cara melakukan analisis deskriptif kuantitatif serta dikombinasikan dengan analisis deskriptif kualitatif. Penggabungan keduanya diharapkan mampu menghasilkan data yang komprehensif, valid, obyektif dan reliabel. Teknik analisis data perubahan penggunaan lahan menggunakan teknik klasifikasi terbimbing (Supervised Classification) dan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan perkembangan pariwisata terhadap perubahan penggunaan lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama kurun waktu tahun 2011-2021 penggunaan lahan di lokasi penelitian mengalami perubahan luasan. Selama kurun waktu tahun 2011-2016 diketahui perubahan luasan lahan sebesar 13 hektar, sedangkan selama kurun waktu 2016-2021 dapat diketahui perubahan penggunaan lahan yang didapatkan yaitu sebesar 24 hektar. Perkembangan pariwisata bahari yang terdapat di wilayah pesisir desa Bangsring terbukti mempengaruhi adanya perubahan penggunaan lahan di wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan pariwisata berbanding lurus dengan perubahan lahan di lokasi penelitian. Perkembangan objek wisata dan akomodasi wisata mempengaruhi penurunan lahan hijau dan peningkatan lahan terbangun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pribadi, Muh Krisna Satriamhmdkrsnstr@gmail.comH74217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.com201409003
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id198908242018012001
Subjects: Ilmu Kelautan
Pariwisata
Keywords: Pariwisata; Penggunaan Lahan; Perubahan Lahan; Bangsring; SIG.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Muhammad Krisna Satria Pribadi
Date Deposited: 20 Aug 2021 11:42
Last Modified: 20 Aug 2021 11:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49696

Actions (login required)

View Item View Item