Pemberdayaan nalar kritis perempuan dalam forum “Ngaji Keadilan Gender Islam (KGI)”: analisis feminisme Amina Wadud

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adhillani, Arivia (2021) Pemberdayaan nalar kritis perempuan dalam forum “Ngaji Keadilan Gender Islam (KGI)”: analisis feminisme Amina Wadud. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arivia Adhillani_E91217066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ngaji Keadilan Gender Islam adalah sebuah forum yang didirikan untuk mendobrak pintu patriarki yang selama ini membelenggu masyarakat, tujuan pasti dari forum ini adalah mewujudkan keadilan hakiki perempuan dalam segala hal. Nur Rofiah selaku pendiri forum ini adalah seorang dosen di Pascasarjana Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta yang merupakan salah satu aktivis feminis, yang berusaha menghilangkan bentuk ketidakadilan gender pada pengalaman sosial, utamanya stigmatisasi, marjinalisasi, subordinasi, kekerasan, dan beban ganda, kemudian juga pengalaman biologis perempuan yang termasuk menstruasi, kehamilan, melahirkan, nifas, serta menyusui. Melalui pendekatan kualitatif dan metodologi tafsir hermeneutika Amina Wadud, penelitian ini memiliki upaya untuk dapat melihat upaya pemberdayaan nalar kritis perempuan oleh ngaji KGI yang selama ini sering terkurung oleh bias-bias tafsir Alqur’an. Amina Wadud pada teorinya menjelaskan bahwa dalam melihat suatu ayat harus memperhatikan beberapa hal, pertama adalah kontekstualisasi ayat Alqur’an harus dikaitkan dengan asbabun nuzul atau sebab turunnya suatu ayat. Kedua, penyelarasan teks ayat secara bahasa mesti dipilah-pilah menjadi komposisi yang sebenarnya, ketiga adalah pemahaman teks ayat harus dilakukan secara menyeluruh, dan terbuka. Bukan mengambil maksud dari potongan-potongan ayat saja, serta menjadikan seluruh ayat Alqur’an sebagai pandangan hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adhillani, Ariviaaadhillani@gmail.comE91217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Gender
Wanita dalam Islam
Keywords: Feminisme; Nalar kritis; Ngaji Keadilan Gender Islam; Amina Wadud.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Arivia Adhillani
Date Deposited: 19 Aug 2021 14:31
Last Modified: 19 Aug 2021 14:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49711

Actions (login required)

View Item View Item