Peran Raden Paku dalam pengembangan ilmu keagamaan di Gresik Abad ke-15

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Zuliyati (2021) Peran Raden Paku dalam pengembangan ilmu keagamaan di Gresik Abad ke-15. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuliyati Faridah_A92217095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan yang dipakai dalam skripsi ini adalah pendekatan Historis dan Antropologis yang digunakan untuk menganalisis sosok Raden Paku pada masa Islamisasi dan perkembangan ilmu keagamaan di Gresik. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan teori peran menurut Soerjono Soekanto dan teori continuity and change menurut John Obert Voll. Sedangkan, metode yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi.Dari hasil penulisan ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, masyarakat Gresik telah mengenal ajaran Kapitayan (animisme dan dinamisme) dan Hindu-Budha sebelum kedatangan para muballigh yang menyiarkan dan mengembangkan ajaran Islam. Syiar Islam di Gresik dilakukan Raden Paku setelah beliau berguru kepada Sunan Ampel dan Syekh Maulana Ishaq. Kedua, banyak strategi dan kontribusi yang telah Raden Paku lakukan terhadap pengembangan ilmu keagamaan di Gresik termasuk di dalamnya adalah membuat tembang dolanan dan permainan yang mengandung unsur Islam. Ketiga, Raden Paku berhasil mendirikan Giri Kedhaton sebagai pusat agama dan politik yang meliputi berbagai daerah di Indonesia. Perjuangan dan keberhasilan beliau dalam mengembangkan ajaran Islam di Gresik dilanjutkan oleh anak keturunannya, diantaranya adalah Sunan Dalem dan Sunan Prapen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Zuliyatifaridahzuliyati@gmail.comA92217095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Sejarah Peradaban Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Peran Raden Paku; Pengembangan Ilmu Keagamaan; Biografi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Zuliyati Faridah
Date Deposited: 22 Aug 2021 11:56
Last Modified: 22 Aug 2021 11:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49761

Actions (login required)

View Item View Item