Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam buku Muhammad Al-Fatih karya Ali Muhammad Ash Shalaby

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Saiful (2021) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam buku Muhammad Al-Fatih karya Ali Muhammad Ash Shalaby. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saiful Anam_D91217134.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nilai pendidikan Islam merupakan sifat-sifat atau hal-hal yang penting atau yang berguna bagi kemanusiaan termasuk bimbingan jasmani, rohani bedasarkan hukum-hukum agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama sesuai ukuran Islam. Pesan dan nilai-nilai pendidikan agama Islam dapat dikembangkan dan diperoleh dari berbagai media pembelajaran. Pembentukan karakter dan nilai pendidikan Islam pada peserta didik merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan sebagai proses pembinaan nilai pendidikan Islam.Buku merupakan salah satu karya yang mengandung pesan nilai-nilai penidikan Islam di dalamya. Sehingga perlu dilakukan analisis terhadap nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam buku yaitu pada buku “Muhammad Al-Fatih karya Ali Muhammad Ash-Shalabi” yang mana pada pembelajaran dapat difungsikan sebagai penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada buku Muhammad Al-Fatih karya Ali Muhammad Ash-Shalabi. Sedangkan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah “ Bagaiamana Biografi Sosial Muhammad Al-Fatih dan Bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Muhammad Al-Fatih karya Ali Muhammad Ash-Shalabi”. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif di mana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka yang biasanya disusun ke dalam teks yang diperluas. Objek penelitian ini berupa buku, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian naskah, penelitian ini bertumpu pada studi pustaka (library research). Selain itu penelitian ini juga digolongkan kedalam metode deskriptif sastra, metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam pada buku Muhammad Al-Fatih karya Ali Muhammad Ash-Shalabi yaitu ) nnilai pendidikan aqidah yaitu mengesakan Allah SWT serta kesadaran bahwa hanya kepada Allah lah tempat meminta perlindungan dan pertolongan yang diwujudkan dalam do’a, Nilai pendidikan Syariah meliputi ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah atau muamalah, dan Nilai pendidikan akhlak terdiri dari: akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap sesama dengan rincian murah hati, adil, tolong-menolong, amanah, husnudzon, kasing sayang, pemaaf, berani, menepati janji dan berterima kasih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Saifulsurabaya21121996@gmail.comD91217134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorChanna A.W, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Pendidikan Islam
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan islam dan Muhammad Al-Fatih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anam Saiful
Date Deposited: 22 Aug 2021 23:33
Last Modified: 22 Aug 2021 23:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49765

Actions (login required)

View Item View Item