This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Akuwan, Intan Ayu Novira (2021) Manajemen pembelajaran berbasis pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di Mi Walisongo Gempol Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Intan Ayu Novira Akuwan_D03217021.pdf Download (969kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus pandemi Covid-19 mengakibatkan pemerintah menerapkan social distancing untuk beribadah di rumah, bekerja di rumah dan belajar di rumah dengan tujuan untuk mencegah penularan pandemi Covid-19. MI Walisongo Gempol Pasuruan merupakan sekolah madrasah yang berada dibawah naungan LPM Walisongo Gempol Pasuruan dan berdiri sejak tahun 1980. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di MI Walisongo, respon peserta didik mengenai pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19, serta faktor pendukung dan penghambat manajemen pelaksanaan manajemen pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di MI Walisongo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di MI Walisongo terdiri dari kegiatan perencanaan berupa penyusunan RPP Daring, kemudian kegiatan pelaksanaan berupa tiga kegiatan inti pembelajaran yang termuat kegiatan pembuka(intoruction), kegiatan penyampaian materi dan kegiatan evaluasi yang keseluruhan menggunakan media Whatsapp Group dalam pelaksanaannya. Respon Peserta didik mengenai pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di MI Walisongo yaitu peserta didik lebih menyukai pembelajaran secara tatap muka dibandingkan pembelajaran jarak jauh karena dapat bertemu dengan teman sebayanya di sekolah, dan lebih interaktif terhadap lingkungannya serta pemahaman yang diperoleh jauh lebih maksimal dibandingkan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan melalui media whatsapp. Sedangkan Faktor pendukung dalam proses pembelajaran daring di MI Walisongo diantaranya adalah guru mampu mengoperasi gadget, guru difasilitasi akses wifi dari sekolah untuk memperlancar proses pembelajaran daring, orang tua dan peserta didik memiliki gadget untuk mengakses proses pembelajaran daring terutama whatsapp dan youtube serta pemberian kuota kepada peserta didik untuk mempermudah siswa dalam mengikuti proses pembelajaran daring, Untuk faktor penghambat manajemen pembelajaran berbasis pembelajaran jarak jauh di MI Walisongo adalah orang tua tidak memiliki android.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Pembelajaran Jarak Jauh. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Intan Ayu Novira Akuwan | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2021 01:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2021 01:18 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49837 |
Actions (login required)
View Item |