Pengaruh pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara virtual berbantuan Teams dan motivasi belajar terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa MAN Insan Cendekia Paser

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bulan, Sri (2021) Pengaruh pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara virtual berbantuan Teams dan motivasi belajar terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa MAN Insan Cendekia Paser. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img] Text
Sri Bulan_F52319342.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa besar pengaruh antar variabel pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara Virtual berbantuan Teams dan motivasi belajar dalam meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan responden berjumlah 95 siswa. Tahapan pengujian data melalui uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji T parsial dan uji F. Hasil penelitian menunjukan; (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara virtual berbantuan Teams terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa karena nilai p-value<α (0,00<0,05) dengan persamaan regresi Y = 36,601+0,641X1 dan nilai (R2) sebesar 0,329, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa karena nilai p-value<α(0,00<0,05) dengan persamaan regresi Y= 14,934+0,679X2 dan nilai (R2) sebesar 0,537, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara virtual berbantuan Teams dan Motivasi Belajar terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa karena nilai p-value< α (0,00 < 0,05) dengan persamaan regresi Y= 8,296+0,350X1+0,552X2+e dan nilai (R2) sebesar 0,616. Uji hipotesis dilakukan dengan uji F dimana diperoleh nilai F hitung 73,897 sedangkan F tabel= 3,096 dengan signifikansi 0,00. Karena > maka H0 ditolak. Artinya secara bersama-sama variabel pembelajaran Qur’an Hadist secara virtual berbantuan Teams dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa MAN IC Paser

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bulan, Srisribulan11976@gmail.comF52319342
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Virtual; Motivasi Belajar; Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Bulan
Date Deposited: 26 Aug 2021 00:57
Last Modified: 26 Aug 2021 00:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49903

Actions (login required)

View Item View Item