Penerapan media permainan jejak kaki untuk meningkatkan kemampuan melompat siswa kelompok A di Raudhatul Athfal ITTAQU Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, Ikrimatus (2021) Penerapan media permainan jejak kaki untuk meningkatkan kemampuan melompat siswa kelompok A di Raudhatul Athfal ITTAQU Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikrimatus Sholichah_D08214001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa kelompok A dalam keterampilan melompat di RA ITTAQU. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi, yang masih kurang dalam keterampilan melompat sebesar 59% dan yang mampu atau tuntas sebesar 41%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media permainan yang dapat meningkatkan ketrampilan melompat pada siswa kelompok A RA ITTAQU Surabaya. Metode yang digunakan peneliti ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewwin. Penelitian ini terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II, pada model ini terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan (planning), Pelaksanaan (action), Observasi (observation), Refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penelitian non tes serta dokumentasi berupa foto. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Penggunaan metode permainan Jejak Kaki ini berkembang sangat baik pada siklus II dalam meningkatkan keterampilan melompat siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru dan peneliti pada Siklus I sebesar 27,30% dengan kriteria mulai berkembang (MB), dengan kriteria berkembang seusai harapan (BSH) sebesar 72,70%. Pada Siklus II ini meningkat menjadi 0% untuk kriteria mulai berkembang (MB), kriteria berkembang seusai harapan (BSH) 41,41%, sedangkan kriteria brekembang sangat baik (BSB) sebesar 58,59%. Hasil tersebut dikarenakan guru dan peneliti memperhatikan setiap kemampuan pada setiap individu siswa. 2) Adanya peningkatan ketrampilan melompat setelah penerapan media permainan Jejak Kaki dilihat dari ketuntasan belajar dalam kemampuan melompat berkembang sangat baik.
Hal ini dapat dilihat juga dari perubahan presentase menunjukkan hasil pada Siklus I sebesar 27,30% mulai berkembang (MB) pada tahap siklus II memiliki presentase sebesar 41,41% berkembang sesuai harapan (BSH), 58,59% berkembang sangat baik (BSB) dan telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, Ikrimatusikrimatussholichah1@gmail.comD08214001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Keterampilan Melompat; Permainan Jejak Kaki,
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ikrimah Sholichah
Date Deposited: 28 Aug 2021 12:42
Last Modified: 28 Aug 2021 12:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49917

Actions (login required)

View Item View Item