Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ASSURE dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik madrasah ibtidaiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswatin, Khoirun (2001) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ASSURE dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik madrasah ibtidaiyah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Niswatin_F52319330.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan serta efektifitas perangkat pembelajaran dengan model ASSURE dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik madrasah ibtidaiyah. Sehingga penelitian ini menghasilkan sebuah produk pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang valid, praktis dan efektif. Produk ini didesain dengan menggunakan desain model ASSURE, namun dalam penelitian yang dilakukan, peneliti menambahkan satu tahap lagi yang dianggap perlu dalam mendesain sebuah perangkat pembelajaran yaitu tahap supervisi. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian R&D (Research and Development) dengan mengadopsi teori Borg and Gall. Penelitian di laksanakan pada dua lembaga madrasah ibtidaiyah. Yaitu MI Al-Ishlah pedurungan Glagah Lamongan dan MI Darun Najah Kentong Glagah Lamongan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui angket dan uji validasi ahli. Dengan tehnik analisis data menggunakan prosentase, uji t-test dan uji gain dan. Dari hasil uji validasi dan angket produk ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk RPP dengan model ASSURES ini memenuhi kriteria kevaldian ditunjukkan oleh hasil penilaian para ahli di bidang materi RPP yang mencapai rata-rata 83,5 sehingga produk ini layak untuk di gunakan. Produk RPP ini juga memenuhi kriteria kepraktisan yang ditunjukkan dengan keterlaksanaan pembelajaran di dua madrasah tersebut dengan hasil sebagai berikut di MI Al Ishlah, rata-rata skor pre-test adalah 70,5 dan rata-rata skor post-test adalah 86. Di MI Darun Najah, rata-rata skor pre-test adalah 75 dan rata-rata skor post-test 87. Produk ini juga memenuhi kriteria efektif yang ditunjukkan pada peningkatan hasil belajar peserta didik yang mencapai 100 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswatin, Khoirunniswatin83@gmail.comF52309330
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@uinsby.ac.id2013107303
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: RPP; ASSURE; Hasil Belajar.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc NIS KHOIRUN NISWATIN
Date Deposited: 26 Aug 2021 21:19
Last Modified: 26 Aug 2021 21:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49948

Actions (login required)

View Item View Item