Sejarah peran Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam mendukung Dakwah Rasulullah Saw untuk pembumian Islam Moderat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nur (2021) Sejarah peran Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam mendukung Dakwah Rasulullah Saw untuk pembumian Islam Moderat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hasanah_A02217030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berfokus pada penelitian tentang “Sejarah Peran Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam mendukung dakwah Rasulullah saw. untuk pembumian Islam Moderat”. Yang bertujuan mengkaji beberapa permasalahan: 1). Bagaimana keadaan masyarakat Arab Pra-Islam; 2). Bagaimana Sejarah Kehidupan Abu Bakar Ash-Shiddiq; dan 3). Bagaimana Peran Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam mendukung dakwah Rasulullah saw. untuk Pembumian Islam Moderat. Penelitian ini menggunkan metode sejarah, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan historis yang digunakan untuk menjelaskan kondisi bangsa Arab pada masa pra-Islam serta untuk menjelaskan biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq, dan pendekatan sosiologi yang digunakan untuk menjabarkan peran Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam dakwah Rasulullah saw. penelitian ini menggunakan teori peran dari Sarjono Soekanto dan teori dakwah dari M.S. Nasharuddin. Hasil penelitian ini menunjukkan 1). Bangsa Arab Pra-Islam dikenal dengan bangsa jahiliah karena tingkah laku yang menunjukkan kebobrokan moral, mereka menyekutukan Allah Swt. dengan menyembah berhala, mengubur anak perempuan hidup-hidup yang dianggap aib. 2). Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah orang pertama yang masuk Islam setelah Khadijah binti Khuwailid. Nasabnya bertemu di Murrah bin Ka’ab dengan Rasulullah saw. 3). Peran Abu Bakar dalam mendukung dakwah Rasulullah saw. ialah ikut berperan serta dalam mendakwahkan Islam pada masyarakat baik ketika periode Mekkah, Madinah maupun pasca wafatnya Rasulullah saw.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Nurnhasanah2601@gmail.comA02217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.--195907171987031001
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Dakwah > Dakwah - Biografi
Keywords: Abu Bakar Ash-Shiddiq; Dakwah Islam; Rasulullah saw.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nur Hasanah
Date Deposited: 28 Aug 2021 02:58
Last Modified: 28 Aug 2021 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49975

Actions (login required)

View Item View Item