Implementasi flipped classroom dalam pembelajaran qur’an hadits untuk membentuk motivasi belajar peserta didik: studi multi situs MI Al Mubarok Penambangan dan MI Sumbersari Kowang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Mochamad (2021) Implementasi flipped classroom dalam pembelajaran qur’an hadits untuk membentuk motivasi belajar peserta didik: studi multi situs MI Al Mubarok Penambangan dan MI Sumbersari Kowang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Fathoni_F52319332.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid 19 membuat pembelajaran konvensional berubah menjadi daring maupun kombinasi daring dan luring. Perubahan ini membuat penyesuaian guru, orang tua dan murid dari berbagai dunia tidak sama dalam menghadapinya, menyesuaikan konteks, sarana dan sumber daya yang dimiliki masing-masing. Dalam penyesuaian tersebut muncullah problematika dan solusi baru dari berbagai cluster. Dalam penelitian ini mencoba mengklasifikasikan bagaimana implementasi pembelajaran model flipped classroom di cluster multi situs dua MI di Tuban, dalam pembelajaran Qur'an Hadits, agar diperoleh temuan segala masukan pembelajaran yang bisa menumbuhkan motivasi peserta didik. Untuk memetakan cluster multisitus, diperlukan tiga rumusan masalah, yakni (1) implementasi flipped classroom, (2) kendala flipped classroom, dan (3) solusi problematika penyelenggaraan flipped classroom. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi multi situs, menggunakan mode deep interview, agar bisa digali sumber permasalahan dan solusinya sampai dalam. Teori Grounded flipped classroom yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bergmann dan Sams. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, pada implementasi pelaksanaan teknisnya ditemukan fenomena-fenomena implementasi Flipped Classroom yang mirip dengan temuan penelitian jurnal-jurnal sebelumnya. Namun yang menjadi pembeda penelitian Flipped Classroom ini dengan yang lain, yakni ditemukan polarisasi dua kelompok guru, yakni guru yang berkarakter veteran dan guru yang berkarakter karir (dijelaskan di bab IV.A.6) Kedua, pada kendala implementasi pembelajaran model Flipped Classroom, ditemukan kekompakan pernyataan, yakni masalah terbesar masih pada kuota dan infrastruktur pembelajaran daring. Maklum internet di Indonesia sangat mahal, bahkan lebih mahal dari tarif internet se-Asia Pasifik. Ketiga, pada upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala di pembelajaran model Flipped Classroom pada dua situs sekolah, yakni MI Al Mubarok dan MI Sumbersari juga memiliki kemiripan akar masalah, jadi penyuluhan orang tua dan menggali inovasi guru adalah dua solusi puncak yang bersifat urgen untuk ditindak lanjuti. Agar di penelitian berikutnya narasumber benar-benar membaca dan meresapi setiap pertanyaan-pertanyaan dari deep interview instrumen, dan menjawabnya dengan tulus, kondisi tenang dan tak terburu-buru, dan lengkap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, Mochamadmochtoni0982@gmail.comF52319332
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidi--2010067101
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Flipped Classroom; Motivasi Belajar.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fathoni Fathoni
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:19
Last Modified: 28 Aug 2021 05:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49976

Actions (login required)

View Item View Item